PERENCANAAN DAN EVALUASI PENERAPAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) PELAYANAN HAJI DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2021

Irma, NIM.: 18102040033 (2022) PERENCANAAN DAN EVALUASI PENERAPAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) PELAYANAN HAJI DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2021. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERENCANAAN DAN EVALUASI PENERAPAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) PELAYANAN HAJI DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2021)
18102040033_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERENCANAAN DAN EVALUASI PENERAPAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) PELAYANAN HAJI DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2021)
18102040033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan dan evaluasi penerapan Standar Opersional Prosedur (SOP) pelayanan haji. Lokasi penelitian di Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta yaitu pada Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU). Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yaitu pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisa yang dilakukan dengan kondensasi data, penyajian data, verifikasi data, dan penarikan simpulan. Uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dengan triangulasi sumber data. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori menurut Hani Handoko tentang tahap-tahap perencanaan dan teori menurut Wahyu Ilah dan M. Munir tentang tahap-tahap evaluasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tahapan perencanaan dalam penerapan SOP pelayanan haji di Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta dilakukan agar proses pelayanan berjalan secara efektif dan efisien. Untuk mencapai hal tersebut Seksi PHU melakukan diskusi/musyawarah dalam mempertimbangkan situasi serta kondisi dan dalam menentukan kemudahan serta hambatan di internal maupun eksternal PHU. Sedangkan dalam evaluasi penerapan SOP pelayanan haji dilakukan dengan peninjauan langsung oleh kepala seksi PHU dengan membandingkan antara pelaksanaan tugas dengan SOP yang telah ditetapkan. Serta dilakukannya perbaikan apabila ditemukannya kesalahan/penyimpangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Maryono, S.Ag., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Perencanaan, Evaluasi, SOP Pelayanan Haji
Subjects: Manajemen > Manajemen Haji
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 01 Jul 2022 09:09
Last Modified: 01 Jul 2022 09:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51560

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum