PENERAPAN THE CELESTIAL MANAGEMENT DI IKATAN PERSAUDARAAN HAJI INDONESIA (IPHI) DAERAH KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2021

Sonya Novana, NIM.: 18102040042 (2022) PENERAPAN THE CELESTIAL MANAGEMENT DI IKATAN PERSAUDARAAN HAJI INDONESIA (IPHI) DAERAH KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2021. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN THE CELESTIAL MANAGEMENT DI IKATAN PERSAUDARAAN HAJI INDONESIA (IPHI) DAERAH KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2021)
18102040042_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN THE CELESTIAL MANAGEMENT DI IKATAN PERSAUDARAAN HAJI INDONESIA (IPHI) DAERAH KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2021)
18102040042_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi ditemukannya teori The Celestial Management oleh A. Ariawan Amin yang merupakan teori ilmu manajemen dengan didasarkan pada penafsiran ilahiah yang turun dari langit berupa spiritualitas. Teori dan pola manajemennya berbeda dengan manajemen konvensional yang berkembang saat ini. Manajemen Konvensional adalah hasil dari sistem organisasi barat yang sejatinya memang tidak menyentuh kepada nilai-nilai spiritualitas. Oleh karena itu dirasa penting untuk membangun budaya organisasi Islam atau spiritualitas di tempat kerja. Membangun spiritualitas di tempat kerja adalah suatu keharusan bagi organisasi berlabel syariah, tidak terkecuali di Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Daerah Kabupaten Sleman. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun metode analisis data yang digunakan adalah dengan pengumpulan data menggunakan teori Miles dan Humberman Flow Model, yakni Reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Sedangkan teknik pengecekan keabsahan data dilakukan dengan metode triangulasi sumber data dan teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa IPHI Daerah Kabupaten Sleman telah menerapkan konsep The Celestial Management dengan baik di dalam organisasinya. Dibuktikan dengan diterapkannya 3 domain yaitu Life is a Place of Worship (hidup adalah tempat peribadatan), Life is a Place of Wealth (hidup adalah tempat mencari kesejahteraan) dan Life is Place of warfare (hidup sebagai tempat berjuang). Akan tetapi dalam pelaksanaannya terdapat dua unsur yang dirasa kurang maksimal yaitu Intelek dan Regeneratif. Kendati demikian kedua poin ini juga sudah diantisipasi oleh IPHI Daerah Kabupaten Sleman dengan beberapa upaya yang akan diluncurkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs.H. Noor Hamid, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Spiritualitas, The Celestial Management, Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia Kabupaten Sleman
Subjects: Haji
Organisasi Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 01 Jul 2022 09:14
Last Modified: 01 Jul 2022 09:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51562

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum