DAMPAK PANDEMI COVID-19 DAN STRATEGI COPING TERHADAP KESEJAHTERAAN PEDAGANG KAKI LIMA (STUDI KASUS PKL DI PEDUKUHAN IV GUMULAN CATURHARJO PANDAK BANTUL)

Yustina Ika Pratiwi, NIM.: 18102050003 (2022) DAMPAK PANDEMI COVID-19 DAN STRATEGI COPING TERHADAP KESEJAHTERAAN PEDAGANG KAKI LIMA (STUDI KASUS PKL DI PEDUKUHAN IV GUMULAN CATURHARJO PANDAK BANTUL). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DAMPAK PANDEMI COVID-19 DAN STRATEGI COPING TERHADAP KESEJAHTERAAN PEDAGANG KAKI LIMA (STUDI KASUS PKL DI PEDUKUHAN IV GUMULAN CATURHARJO PANDAK BANTUL))
18102050003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (DAMPAK PANDEMI COVID-19 DAN STRATEGI COPING TERHADAP KESEJAHTERAAN PEDAGANG KAKI LIMA (STUDI KASUS PKL DI PEDUKUHAN IV GUMULAN CATURHARJO PANDAK BANTUL))
18102050003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Dampak Pandemi Covid-19 dan Strategi Coping Terhadap Kesejahteraan PKL yang berlokasi di Pedukuhan IV Gumulan Caturharjo Pandak Bantul. Memasuki tahun 2020 dunia digemparkan oleh menyebarnya sebuah penyakit coronavirus. Kondisi masyarakat daerah setempat terutama para pedagang selama pandemi covid-19 menyebabkan pendapatan menurun dikarenakan daya tarik pembeli sepi. Hal ini dikarenakan adanya kebijakan yang diberikan oleh pemerintah seperti PSBB membuat para pedagang tidak dapat berjualan seperti biasanya. Hal ini juga dialami oleh beberapa pedagang kaki lima diberbagai daerah seperti halnya para pedagang di Pedukuhan IV Gumulan Caturharjo Pandak Bantul. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan dampak Covid-19 terhadap kesejahteraan PKL dan untuk mengetahui strategi coping yang telah dilakukan para PKL lima di Pedukuhan IV Gumulan dalam menghadapi dampak pandemi Covid-19.Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan menggunakan teori kesejahteraan menurut Midgley. Subyek dalam penelitian ini terdiri dari 10 narasumber yaitu para paedagang kaki lima di Pedukuhan IV Gumulan Caturharjo Pandak Bantul. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan validasi data dengan menguji teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam dampak pandemi Covid-19 dan strategi coping terhadap kesejahteraan PKL berdasarkan tinjauan teori kesejahteraan menurut Midgley dibagi menjadi 3 yaitu pertama pendapatan, pendapatan yang diperoleh oleh PKL menurun dikarenakan sepinya daya tarik pembeli selama pandemic Covid-19. Kedua pengeluaran, untuk pengeluaran dimasa pandemi kurang lebih mencapai Rp. 65.000 untuk membeli kebutuhan tambahan. Ketiga kesehatan, dalam sisi kesehatan para PKL lebih terdampak pada sisi kesehatan mental dengan adanya rasa cemas, khawatir yang berlebihan karena takut terpapar virus Covid-19. Strategi coping yang telah dilakukan dengan cara, yakni sistem beli 1 gratis 1 dan memunculkan inovasi agar menarik pembeli.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: M. Ulil Absor, Ph. D,
Uncontrolled Keywords: Pedagang kaki lima, Strategi Copping, Covid-19
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Covid-19
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 01 Jul 2022 10:19
Last Modified: 01 Jul 2022 10:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51565

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum