PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI KELOMPOK USAHA BERSAMA (KUBE) UNTUK MEMBANTU MENANGANI KEMISKINAN DI MASA PANDEMI COVID-19: STUDI KASUS DI KUBE SEJAHTERA 133 KARANGWUNI WATES KULON PROGO

Nuring Khasanah, NIM.: 18102050008 (2022) PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI KELOMPOK USAHA BERSAMA (KUBE) UNTUK MEMBANTU MENANGANI KEMISKINAN DI MASA PANDEMI COVID-19: STUDI KASUS DI KUBE SEJAHTERA 133 KARANGWUNI WATES KULON PROGO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI KELOMPOK USAHA BERSAMA (KUBE) UNTUK MEMBANTU MENANGANI KEMISKINAN DI MASA PANDEMI COVID-19: STUDI KASUS DI KUBE SEJAHTERA 133 KARANGWUNI WATES KULON PROGO)
18102050008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI KELOMPOK USAHA BERSAMA (KUBE) UNTUK MEMBANTU MENANGANI KEMISKINAN DI MASA PANDEMI COVID-19: STUDI KASUS DI KUBE SEJAHTERA 133 KARANGWUNI WATES KULON PROGO)
18102050008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pemberdayaan Perempuan melalui Kelompok Usaha Bersama (KUBE) untuk Membantu Menangani Kemiskinan Di Masa Pandemi Covid-19: Studi Kasus Di KUBE Sejahtera 133 Karangwuni Wates Kulon Progo. Skripsi Program Studi Ilmu Kesejahteraan Sosial. Fakultas Dakwah dan Komunikasi Univeristas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2022. Pemerintah melalui Kementrian Sosial RI membuat program Kelompok Usaha Bersama (KUBE) yang bertujuan memberdayakan kelompok masyarakat miskin terutama perempuan dengan diberikan Bantuan Langsung Pemberdayaan Sosial (BLPS). KUBE Sejahtera 133 Karangwuni merupakan KUBE yang ikut berperan dalam program pemberdayaan perempuan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pemberdayaan perempuan melalui KUBE dalam menangani kemiskinan pada masa Pandemi Covid-19 dan dampak adanya pemberdayaan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penentuan informan secara purposive sampling, dilakukan dengan teknik in-depth interview kepada Ketua, Bendahara, Sekretaris, 1 anggota KUBE, Pendamping KUBE, dan Kamituwa Kalurahan Karangwuni. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses pemberdayaan perempuan melalui KUBE Sejahtera 133 Karangwuni sudah berjalan dengan baik mulai dari penyadaran, pengkapasitasan, pendayaan dan capacity building dan networking. Dampak dari pemberdayaan perempuan melalui KUBE dapat dilihat dari aspek ekonomi yang ditandai dengan adanya peningkatan modal kelompok dan adanya peningkatan pendapatan anggota. KUBE dapat membantu meningkatkan pendapatan anggota kelompok, namun belum bisa dibilang mengatasi kemsikinan secara signifikan karena KUBE belum menjadi sumber pendapatan utama. Pada aspek sosial ditandai dengan meningkatnya sikap gotong royong, tingginya partisipasi, tanggung jawab anggota, dan timbulnya sikap peduli pada anggota dan lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Lathiful Khuluq, M.A., BSW., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Perempuan, KUBE, Capacity Building dan Networking
Subjects: Covid-19
Gender
Pemberdayaan Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 01 Jul 2022 10:23
Last Modified: 01 Jul 2022 10:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51566

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum