NILAI-NILAI PATRIOTISME DAN AKHLAKUL KARIMAH DALAM FILM SANG KIAI DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Irfanudin, NIM.: 16410052 (2022) NILAI-NILAI PATRIOTISME DAN AKHLAKUL KARIMAH DALAM FILM SANG KIAI DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PATRIOTISME DAN AKHLAKUL KARIMAH DALAM FILM SANG KIAI DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
16410052_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (21MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PATRIOTISME DAN AKHLAKUL KARIMAH DALAM FILM SANG KIAI DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
16410052_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini dikarenakan perkembangan IPTEK yang begitu pesat mempunyai dampak tersendiri, selain pengaruh positif, perkembangan IPTEK juga punya pengaruh negatif terlebih bagi para generasi muda yang dapat memicu lunturnya jiwa patriotisme. Selain itu, mulai masuknya paham-paham yang tidak sesuai dengan nilai dan ajaran agama, berakibat tidak baik bagi para generasi muda. Paham semacam radikalisme agama, yang cenderung mengedepankan intoleran dan kekerasan mulai masuk dan menyerang para generasi muda, nilai seperti ini tidak sesuai dengan akhlakul karimah sebagaimana ajaran Islam yang sesungguhnya. Oleh karena itu, diperlukan penanaman nilai-nilai patriotisme dan akhlakul karimah kepada masyarakat, terlebih bagi generasi muda, salah satunya melalui pendidikan, terutama pendidikan Agama Islam. (PAI) atau Pendidikan Agama Islam haruslah menumbuhkan jiwa patriotik, mempertebal rasa cinta tanah air, meningkatkan semangat kesatuan, persatuan dan kebangsaan, menjunjung tinggi toleransi, kesetiakawanan sosial, dan sikap menghargai jasa para pahlawan. Adapun salah satu media pembelajaran agama Islam yaitu melalui tayangan sebuah film. Diantara film edukasi religi yaitu Film Sang Kiai yang mengandung nilai-nilai patriotisme dan akhlakul karimah. Film ini akan mampu memberikan dampak positif dalam membangun nilai-nilai patriotisme dan akhlakul karimah dalam kehidupan masyarakat terutama peserta didik yang selalu berkecimpung dengan media sosial. Skripsi ini termasuk kepada penelitian deskriptif kualitatif dengan sumber penelitian yang digunakan adalah softcopy film Sang Kiai yang disutradarai oleh Rako Prijanto, dirilis pada 30 Mei 2013 dan sumber pendukung lainnya. Untuk teknis analisis yang digunakan pada skripsi ini terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Nilai-nilai patriotisme dan akhlakul karimah dalam film Sang Kiai diantaranya: semangat membela agama dan tanah air, berani berkorban, Islam agama yang damai, toleransi, dan kasih sayang, 2) Relevansi nilai-nilai patriotisme dan akhlakul karimah dalam film Sang Kiai diantaranya: sesuai dengan tujuan pendidikan agama Islam, materi pendidikan agama Islam dalam film Sang Kiai meliputi aqidah Islam, akhlak dan hukum syariat Islam, dan metode pendidikan agama Islam yang digunakan dalam film Sang Kiai ini adalah metode keteladanan dan metode diskusi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Munawwar Khalil, S,S., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Patriotisme, akhlakul karimah, film Sang Kiai
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 01 Jul 2022 11:03
Last Modified: 01 Jul 2022 11:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51573

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum