NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM TRADISI SEKURA MASYARAKAT LAMPUNG SAIBATIN KELURAHAN WAY MENGAKU LAMPUNG BARAT

Riyanaya, NIM.: 17104010127 (2022) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM TRADISI SEKURA MASYARAKAT LAMPUNG SAIBATIN KELURAHAN WAY MENGAKU LAMPUNG BARAT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM TRADISI SEKURA MASYARAKAT LAMPUNG SAIBATIN KELURAHAN WAY MENGAKU LAMPUNG BARAT)
17104010127_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM TRADISI SEKURA MASYARAKAT LAMPUNG SAIBATIN KELURAHAN WAY MENGAKU LAMPUNG BARAT)
17104010127_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bermula dari terjadinya proses pergeseran makna dan memudarnya kemurnian nilai-nilai dalam tradisi yang ada di masyarakat. Tradisi yang dimaksud dalam penelitian ini yaitu mengenai tradisi sekura pada masyarakat suku Lampung Barat suku saibatin. Adanya modernisasi ilmu pengetahuan dan teknologi serta hadirnya masyarakat pendatang merupakan faktor problematika tersebut hingga menyebabkan banyak masyarakat yang tidak mengetahui kemurnian tentang tradisi sekura yang sudah diturunkan secara turun-temurun oleh nenek moyang yang merupakan salah satu sejarah Islam masuk di Lampung Barat serta nilai-nilai Islam yang ada di dalamnya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk memaparkan pelaksanaan tradisi sekura sekaligus menjelaskan kandungan nilai-nilai Islam yang ada dalam tradisi tersebut yang dapat diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat. Penelitian ini adalah penelitian jenis kualitatif yang menggunakan model pendekatan pendidikan agama Islam dan pendekatan historis dengan subyek penelitian yang bersumber dari data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data melalui wawancara semiterstruktur dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data terdiri dari tiga tahapan diantaranya reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tradisi sekura masyarakat Lampung saibatin merupakan perhelatan adat secara rutin yang dilaksanakan setelah hari raya Idul Fitri secara bergantian tiap kelurahan nya dalam kurun waktu 1 Syawal sampai 7 Syawal. Pelaksanaan tradisi tersebut terbagi menjadi tiga tahapan besar diantaranya tahap perencanaan meliputi buhimpun atau musyawarah, menghimpun dana, mendirikan buah atau batang pohon pinang, dan pemasangan tarup serta panggung adat; pelaksanaan meliputi pembukaan acara, sambutan-sambutan dari pihak penyelenggara dan tamu undangan, doa bersama, pawai budaya, dan sekura cakak buah peserta sekura memanjat pohon pinang; dan pembubaran kepanitiaan dengan gotong royong membersihkan area kelurahan dan diakhiri dengan makan bersama. Adapun nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam tradisi sekura masyarakat Lampung saibatin kelurahan Way Mengaku diantaranya terdapat nilai tauhid uluhiyah, musyawarah, kerjasama, kerja keras, sedekah, fastabiqul khairats, tolong menolong, silaturahmi dan saling memaafkan serta cinta lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Mujahid, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kebudayaan, Tradisi Sekura, Nilai Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Islam dan Tradisi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 01 Jul 2022 11:06
Last Modified: 01 Jul 2022 11:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51574

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum