PENGARUH LITERASI DIGITAL MELALUI PENGGUNAAN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS V MI BAIQUNIYYAH YOGYAKARTA

Siti Nurrohmah, NIM.: 17104080084 (2022) PENGARUH LITERASI DIGITAL MELALUI PENGGUNAAN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS V MI BAIQUNIYYAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH LITERASI DIGITAL MELALUI PENGGUNAAN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS V MI BAIQUNIYYAH YOGYAKARTA)
17104080084_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH LITERASI DIGITAL MELALUI PENGGUNAAN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS V MI BAIQUNIYYAH YOGYAKARTA)
17104080084_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh literasi digital melalui penggunaan Youtube sebagai media pembelajaran terhadap kemandirian belajar siswa kelas V MI Baiquniyyah Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Model penelitian yang digunakan merupakan quasi experiment dengan desain yang digunakan one group pretest -posttest design. Penelitian ini dibatasi hanya untuk mengetahui pengaruh literasi digital dan kemandirian belajar. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuisioner dan wawancara. sampel yang digunakan adalah kelas V. Penentuan jumlah siswa dihitung melalui rumus slovin, dan diperoleh 29 siswa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan bantuan SPSS guna untuk mengetahui besaran pengaruh kedua variabel tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi digital memberikan pengaruh terhadap kemandirian peserta didik. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan pengujian hipotesis menggunakan uji regresi linier sederhana. Diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,031 yang berarti hipotesis diterima dan hipotesis nol ditolak. Pengaruh literasi digital terhadap kemandirian belajar kelas V diperoleh 15,1%. Nilai ini bisa dilihat dari R Square yang berjumlah 0,151. Sedangkan untuk hasil dari wawancara digunakan untuk mendapatkan literasi digital dan kemandirian belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Anita Ekantini, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Literasi Digital, Youtube, Kemandirian Belajar
Subjects: Literasi Informasi
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 01 Jul 2022 11:15
Last Modified: 01 Jul 2022 11:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51575

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum