PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR IPA ASPEK KIMIA

DIKHYATUL MILLAH, NIM. 05440015 (2015) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR IPA ASPEK KIMIA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II,III,IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)

Abstract

ABSTRAK Model Cooperative Learning menuntut siswa untuk aktif, jika didukung dengan minat dan prestasi siswa. Semakin besar minat siswa mengikuti pembelajaran, semakin mendukung pencapaian prestasi. Penelitian ini bertujuan mengetahui adanya peningkatan minat dan prestasi belajar IPA kimia kelas VIII MTs Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta dengan menggunakan sebuah model Cooperative Learning. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Proses pembelajaran dilakukan dengan dua siklus, meliputi langkah-langkah pendahuluan, inti dan penutup. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Nurul Ummah semester II tahun pelajaran 2009/2010. Data yang dikumpulkan adalah data minat belajar dan data prestasi belajar siswa. Data minat belajar diperoleh dari angket minat dan data prestasi belajar siswa diperoleh melalui soal pre-test dan post-test. Data minat belajar kemudian dianalisis secara deskriptif dengan teknik persentase, data prestasi belajar siswa menggunakan effect size yaitu dihitung selisih kenaikan nilai rerata siklus II dengan nilai rerata siklus I. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran IPA Kimia menggunakan model Cooperative Learning dapat meningkatkan kegiatan pembelajaran, minat, serta prestasi belajar siswa kelas VIII MTs Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Dari analisis data di atas terdapat peningkatan minat siswa siklus I ke siklus II dan Prestasi belajar mengalami peningkatan yaitu pada siklus I nilai rerata pre-test adalah 4,94, nilai rerata post-test adalah 6,28, dengan selisih 1,34, sedangkan pada siklus II nilai rerata pre-test adalah 5,24, nilai rerata posttest adalah 6,84, dengan selisih 1,6, adapun effect size yakni dihitung selisih kenaikan nilai rerata siklus II dengan siklus I adalah 0,26. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Siti Fatonah, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning, Minat, Prestasi Belajar.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 28 Jan 2015 11:36
Last Modified: 23 Feb 2016 14:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5158

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum