PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY) PADA MATERI KOLOID KELAS XI SMA/MA

Anik Tri Wahyuningsih, NIM.: 17106070001 (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY) PADA MATERI KOLOID KELAS XI SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY) PADA MATERI KOLOID KELAS XI SMA/MA)
17106070001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY) PADA MATERI KOLOID KELAS XI SMA/MA)
17106070001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Media pembelajaran merupakan jenis sarana pendidikan yang digunakan sebagai perantara dalam proses belajar mengajar. Media pembelajaran digunakan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pencapaian tujuan instruksional. Dengan kata lain media instruksional edukatif mecakup perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware) yang berfungsi sebagai alat bantu belajar. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D), yang terdiri dari 4 tahapan pengembangan yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Penelitian ini dibatasi hingga tahap disseminate (pengembangan). Produk ini direview oleh tiga orang peer reviewer dan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Kualitas produk dinilai oleh tiga reviewer (guru kimia) dan direspon oleh 10 peserta didik. Penilaian kualitas produk dilakukan menggunakan instrumen penilaian dengan skala Likert empat kategori yaitu sangat baik (SB), baik (B), kurang (K), dan sangat kurang (SK). Serta menggunakan angket penilaian dengan skala Guttman, “Ya” atau “Tidak” untuk respon peserta didik. Produk yang dikembangkan merupakan media e-modul pembelajaran kimia berbasis SETS (Science, Environment, Technology, and Society) pada materi koloid. Penelitian ini bertujuan agar peserta didik termotivasi untuk belajar mandiri dan kreatif dalam proses pembelajaran untuk mencapai penguasaan kompetensi. Produk yang dikembangkan berupa e-modul koloid yang berisi materi koloid dilengkapi foto dan video serta terdapat soal evaluasi yang digunakan untuk latihan. Hasil validasi produk oleh ahli materi menunjukkan kualitas produk sangat baik dengan persentase keidealan 87,5%. Validasi ahli media diperoleh kesimpulan bahwa kualitas produk sangat baik dengan persentase keidealan 94,6% dan dinyatakan valid. Sedangkan penilaian dari reviewer (guru kimia) menunjukkan kualitas produk sangat baik dengan persentase keidealan 91,3% dan respon peserta didik dengan persentase 95,0%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Khamidinal, S.Si., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Modul Pembelajaran, Penilaian Kualitas Produk, Pengembangan Produk
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 01 Jul 2022 11:33
Last Modified: 01 Jul 2022 11:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51580

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum