PENGEMBANGAN BOOKLET KEANEKARAGAMAN IKAN AIR TAWAR DI WADUK PENJALIN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA/MA

Amalia Hasny, NIM.: 17106080041 (2022) PENGEMBANGAN BOOKLET KEANEKARAGAMAN IKAN AIR TAWAR DI WADUK PENJALIN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BOOKLET KEANEKARAGAMAN IKAN AIR TAWAR DI WADUK PENJALIN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA/MA)
17106080041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BOOKLET KEANEKARAGAMAN IKAN AIR TAWAR DI WADUK PENJALIN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA/MA)
17106080041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman ikan air tawar di waduk penjalin, mengembangkan booklet keanekaragaman ikan air tawar di waduk penjalin dan mengetahui kualitas produk yang telah dikembangkan. Penelitian ini terdiri dari dua tahap yaitu pertama, penelitian keanekaragaman ikan air tawar di waduk penjalin dengan menggunakan metode survay yang dilakukan dalam dua tahap yaitu pengumpulan data dan analisis data, lokasi penelitian dilakukan dengan cara porposive sampling pada 4 stasiun. Kedua, tahap pengembangan booklet keanekaragaman ikan air tawar dengan metode R&D (Research & Development). Hasil penelitian keanekaragaman ikan air tawar didapatkan 302 ekor yang terdiri dari 5 famili dan 9 spesies ikan air tawar. Hasil akhir tahap pengembangan berupa booklet yang dinilai oleh 1 ahli materi, 1 ahli media, dan 1 guru biologi. Uji terbatas dilakukan oleh 15 orang siswa kelas X MIPA 1 MAN 2 Brebes. Data hasil penilaian kualitas produk diperoleh dari lembar berupa angket. Hasil penilaian ahli materi mendapatkan kategori sangat valid dengan presentase 90.5%, penilaian ahli media mendapatkan kategori valid dengan presentase 80%, guru biologi mendapatkan kategori valid dengan presentase 77.2% dan penilaian respon siswa mendapatkan kategori sangat setuju dengan presentase 84.5%. Berdasarkan penilaian tersebut booklet yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran biologi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Sulistiyawati, S.Pd.I, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Booklet, Ikan Air Tawar, Keanekaragaman, Media Pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 01 Jul 2022 11:35
Last Modified: 01 Jul 2022 11:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51581

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum