PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH, NORMA SOSIAL DAN EFIKASI DIRI KEUANGAN TERHADAP PERILAKU KREDIT BERISIKO DENGAN TEKANAN KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI PERILAKU PENGGUNA LAYANAN PAYLATER PADA GENERASI Z)

Desy Fauziah, NIM.: 18108040009 (2022) PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH, NORMA SOSIAL DAN EFIKASI DIRI KEUANGAN TERHADAP PERILAKU KREDIT BERISIKO DENGAN TEKANAN KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI PERILAKU PENGGUNA LAYANAN PAYLATER PADA GENERASI Z). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH, NORMA SOSIAL DAN EFIKASI DIRI KEUANGAN TERHADAP PERILAKU KREDIT BERISIKO DENGAN TEKANAN KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI PERILAKU PENGGUNA LAYANAN PAYLATER PADA GENERASI Z))
18108040009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH, NORMA SOSIAL DAN EFIKASI DIRI KEUANGAN TERHADAP PERILAKU KREDIT BERISIKO DENGAN TEKANAN KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI PERILAKU PENGGUNA LAYANAN PAYLATER PADA GENERASI Z))
18108040009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Perilaku kredit berisiko merupakan perilaku kredit yang tidak bertanggung jawab yang berisiko membahayakan kesejahteraan finansial seseorang di masa mendatang. Dalam penelitian ini, theory of planned behavior digunakan untuk memprediksi perilaku kredit berisiko. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh literasi keuangan syariah, norma sosial dan efikasi diri keuangan terhadap perilaku kredit berisiko serta bagaimana pengaruh tekanan keuangan dalam memoderasi hubungan tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan bentuk penelitian eksplanatif. Populasi penelitian ini adalah generasi Z yang menggunakan layanan PayLater yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 180 responden. Teknik analisis data menggunakan PLS-SEM dengan bantuan software SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan syariah, norma sosial dan efikasi diri keuangan berpengaruh secara negatif dan signifikan terhadap perilaku kredit berisiko. Sedangkan untuk efek moderasi, variabel tekanan keuangan berpengaruh signifikan dalam memoderasi hubungan literasi keuangan syariah terhadap perilaku kredit berisiko, namun tidak berpengaruh signifikan dalam memoderasi hubungan norma sosial dan efikasi diri keuangan terhadap perilaku kredit berisiko.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Alex Fahrur Riza, SE., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Literasi Keuangan Syariah, Norma Sosial, Efikasi Diri Keuangan, Tekanan Keuangan dan Perilaku Kredit Berisiko.
Subjects: Ekonomi Islam > Akuntansi Syari'ah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syari'ah (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 05 Jul 2022 11:29
Last Modified: 05 Jul 2022 11:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51585

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum