PEMBINAAN AKHLAK ANAK PADA ERA DIGITAL: PERAN ORANG TUA SEBAGAI PENDIDIK, FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT DI DESA LOBENER RW.02 KECAMATAN JATIBARANG-KABUPATEN INDRAMAYU

Nur Aisah, NIM.: 18104010005 (2022) PEMBINAAN AKHLAK ANAK PADA ERA DIGITAL: PERAN ORANG TUA SEBAGAI PENDIDIK, FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT DI DESA LOBENER RW.02 KECAMATAN JATIBARANG-KABUPATEN INDRAMAYU. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBINAAN AKHLAK ANAK PADA ERA DIGITAL: PERAN ORANG TUA SEBAGAI PENDIDIK, FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT DI DESA LOBENER RW.02 KECAMATAN JATIBARANG-KABUPATEN INDRAMAYU)
18104010005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PEMBINAAN AKHLAK ANAK PADA ERA DIGITAL: PERAN ORANG TUA SEBAGAI PENDIDIK, FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT DI DESA LOBENER RW.02 KECAMATAN JATIBARANG-KABUPATEN INDRAMAYU)
18104010005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya penggunaan gadget pada anak dikarenakan pelaksanaan pembelajaran daring dan 79% mayoritas anak tidak mempunyai aturan dalam penggunaan gedget oleh orang tua, hal tersebut menimbulkan berbagai perilaku yang kurang baik diantaranya yaitu anak bersikap lebih cuek ketika dipanggil orang tua, malas, tidak disiplin, berkata kasar, dan suka menunda-nunda waktu shalat. Permasalahan tersebut menimbulkan pertanyaan terkait bagaimana peran orang tua sebagai pendidik dalam membina akhlak anak. Karena orang tua memiliki tanggung jawab yang penuh terhadap pendidikan anak di rumah secara informal, sehingga peran orang tua sangat menentukan akhlak anak dalam perkembangan dan perubahan dalam hidupnya. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua sebagai pendidik, faktor pendukung dan penghambat orang tua dalam pembinaan akhlak anak pada era digital di Desa Lobener RW.02 Kecamatan Jatibarang-Kabupaten Indramayu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini bahwa 1) peran orang tua sebagai pendidik dalam membina akhlak anak yaitu menanamkan akhlak terpuji pada anak, membatasi penggunaan gadget pada anak, mendampingi dan mengawasi penggunaan gadget pada anak, serta membimbing anak untuk beribadah mahdah. 2) Faktor yang pendukung orang tua dalam pembinaan akhlak anak yaitu kondisi keluarga, dan fasilitas lingkungan masyarakat yang menunjang. Sedangkan faktor yang menjadi penghambat yang dialami oleh orang tua yaitu lingkungan pergaulan anak yang kurang baik, dan kesibukan salah satu orang tua yang bekerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Yuli Kuswandari, S.Pd., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Peran Orang Tua, Pembinaan Akhlak, Era digital
Subjects: Akhlak - Etika
Komunikasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 01 Jul 2022 14:27
Last Modified: 01 Jul 2022 14:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51590

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum