TRANSFORMASI BENTUK KELEMBAGAAN DAN MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP MUHAMMADIYAH PIYUNGAN

Hukma Fikria Adira, NIM.: 18104010011 (2022) TRANSFORMASI BENTUK KELEMBAGAAN DAN MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP MUHAMMADIYAH PIYUNGAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TRANSFORMASI BENTUK KELEMBAGAAN DAN MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP MUHAMMADIYAH PIYUNGAN)
18104010011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (TRANSFORMASI BENTUK KELEMBAGAAN DAN MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP MUHAMMADIYAH PIYUNGAN)
18104010011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini yakni perubahan dalam suatu sistem pendidikan bisa berdampak positif atau negatif. Perubahan bentuk kelembagaan yang didasari dengan kurikulum dan berdampak pada prestasi siswa ini menjadi suatu hal penting dalam sebuah instansi pendidikan. Zaman yang terus maju dan berkembang membuat para stake holder pimpinan untuk segera merumuskan suatu bentuk perubahan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan Fenomenologis naturalistic. Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah Piyungan sebagai informan kunci penelitian. Subyek dalam penelitian ini yakni Kepala Sekolah, Waka Kurikulum Waka ISMUBA SMP Muhammadiyah Piyungan, sedangkan Obyek pada penelitian ini yakni Bentuk Kelembagaan dan Manajemen Kurikulum PAI. Pada pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data pada panelitian ini menggunakan analisis yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Transformasi yang terjadi di SMP Muhammadiyah Piyungan yakni sekolah tersebut mendirikan Boarding School Al Kautsar. Transformasi ini bertujuan sebagai media promosi kepada masyarakat dan menjadi Icon SMP Muhammadiyah Piyungan. Berdirinya Boarding School ini menjadi jadi daya tarik masyarakat karena memiliki keunggulan dalam bidang Tahfidz 2). Kurikulum yang ada di SMP Muhammadiyah Piyungan dan Boarding School Al Kautsar ini yang berjalan menggunakan kurikulum ISMUBA (Al-Islam Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab) berjalan sesuai dengan jadwal yang sudah disepakati. Santrinya yang tinggal di asrama maka di sebut sebagai santri Mukim.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Nur Munajat, M.Si
Uncontrolled Keywords: Transformasi, Bentuk Kelembagaan, Manajemen Kurikulum
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Organisasi Masyarakat > Muhammadiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 01 Jul 2022 14:31
Last Modified: 01 Jul 2022 14:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51591

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum