METODE PENANAMAN NILAI-NILAI TOLERANSI BERAGAMA: PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI SMPN 1 DAN SMP DAYA SUSILA GARUT JAWA BARAT

Annisa Qurrotul Ayuni, NIM.: 18104010013 (2022) METODE PENANAMAN NILAI-NILAI TOLERANSI BERAGAMA: PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI SMPN 1 DAN SMP DAYA SUSILA GARUT JAWA BARAT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE PENANAMAN NILAI-NILAI TOLERANSI BERAGAMA: PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI SMPN 1 DAN SMP DAYA SUSILA GARUT JAWA BARAT)
18104010013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (METODE PENANAMAN NILAI-NILAI TOLERANSI BERAGAMA: PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI SMPN 1 DAN SMP DAYA SUSILA GARUT JAWA BARAT)
18104010013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya kasus intoleransi beragama di berbagai daerah, hal ini menimbulkan pertanyaan bagaimana pembentukan karakter toleransi dalam pendidikan. Sekolah sebagai salah satu lingkungan pembudayaan nilai-nilai keagamaan berperan dalam penanaman nilai toleransi. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang metode pembelajaran dalam penanaman nilai-nilai toleransi beragama oleh guru Pendidikan Agama Islam maupun Agama Kristen. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan beberapa komponen yang saling berkaitan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data digunakan perpanjangan penelitian, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: 1) Metode guru PAI di SMPN 1 Garut antara lain metode ceramah, diskusi, problem solving dan tanya jawab, Sedangkan metode guru PAI di SMP Daya Susila adalah ceramah, diskusi, tanya jawab, resitasi, debat dan mind mapping. 2) Metode guru PAK SMP Negeri 1 Garut: diskusi dan ceramah, sedangkan guru PAK di SMP Daya Susila: metode diskusi, tanya jawab dan studi kasus. 3) Keadaan toleransi beragama di SMP Negeri 1 Garut: siswa masih belum terbiasa menerapkan toleransi beragama dalam berkehidupan sosial, sedangkan di SMP Daya Susila sudah diterapkan dengan baik karena keberagaman kepercayaan di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Eva Latipah, S.Ag., S.Psi., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Toleransi Beragama, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Agama Kristen
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Toleransi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 01 Jul 2022 14:38
Last Modified: 01 Jul 2022 14:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51592

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum