PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP PIRI 2 YOGYAKARTA : STRATEGI, EVALUASI, PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT

Siti Badrotil Khasanah, NIM.: 18104010023 (2022) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP PIRI 2 YOGYAKARTA : STRATEGI, EVALUASI, PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP PIRI 2 YOGYAKARTA : STRATEGI, EVALUASI, PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT)
18104010023_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP PIRI 2 YOGYAKARTA : STRATEGI, EVALUASI, PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT)
18104010023_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Adanya pandemi yang membuat segala aktivitas harus dilakukan dari rumah, termasuk sekolah. Seluruh peserta didik harus belajar dari rumah karena pembelajaran tatap muka ditiadakan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Menjadi latar belakang penelitian ini karena adanya pembelajaran daring masih banyak menimbulkan kendala dalam pembelajaran yang terutama yaitu strategi pembelajaran. Oleh karena itu, perlu diteliti tentang strategi pembelajaran PAI di masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian kualitatif deskriptif yang digunakan dalam penelitian. Pengumpulan data dengan mengamati sebuah peristiwa (deskripsi). Adapun metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Proses analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi pembelajaran yang sering digunakan guru PAI di SMP PIRI 2 Yogyakarta adalah strategi pembelajaran information search dan strategi pembelajaran reading comprehension. 2) Evaluasi strategi yang digunakan guru PAI saat pembelajaran berlangsung sudah dianggap baik, karena guru telah memilih strategi yang tepat sehingga bisa membantu siswa untuk bisa memahami materi yang dipelajari. 3) Faktor pendukung strategi pembelajaran PAI di SMP PIRI 2 Yogyakarta adalah orang tua mendampingi anak saat pembelajaran berlangsung, siswa sudah bisa mengoperasionalkan aplikasi whatsapp dan guru sangat sabar dalam menghadapi peserta didik yang susah untuk bergabung digroup whatsapp. Sedangkan faktor penghambat implementasi metode pembelajaran PAI di SMP PIRI 2 Yogyakarta adalah keterbatasan kuota, susah sinyal dan peserta didik mulai bosan sehingga tidak memperhatikan guru saat menjelaskan materi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Mujahid, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran PAI, Pandemi Covid-19, Strategi Pembelajaran
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Covid-19
Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 01 Jul 2022 14:50
Last Modified: 01 Jul 2022 14:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51594

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum