ANALISA SIMETRIS DAN ASIMETRIS DAMPAK MAKROEKONOMI TERHADAP SAHAM SYARIAH DI INDONESIA PERIODE MEI 2011- DESEMBER 2021

Achmad Jufri, S.E., NIM.: 20208011016 (2022) ANALISA SIMETRIS DAN ASIMETRIS DAMPAK MAKROEKONOMI TERHADAP SAHAM SYARIAH DI INDONESIA PERIODE MEI 2011- DESEMBER 2021. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISA SIMETRIS DAN ASIMETRIS DAMPAK MAKROEKONOMI TERHADAP SAHAM SYARIAH DI INDONESIA PERIODE MEI 2011- DESEMBER 2021)
20208011016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISA SIMETRIS DAN ASIMETRIS DAMPAK MAKROEKONOMI TERHADAP SAHAM SYARIAH DI INDONESIA PERIODE MEI 2011- DESEMBER 2021)
20208011016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak simetris dan asimetris dari variabel makroekonomi terhadap saham syariah di Indonesia. Variabel makroekonomi yang digunakan adalah inflasi, suku bunga, nilai tukar, jumlah uang yang beredar dan harga minyak dunia. Data yang diamati berupa data bulanan periode Mei 2011 sampai Desember 2021. Pendekatan yang digunakan untuk menguji dampak simetris adalah model Autoregressive Distributed Lag (ARDL). Sedangkan pendekatan yang digunakan untuk menguji dampak asimetris adalah model Nonlinear Autoregressive Distributed Lag (NARDL). Hasil pengujian dengan model ARDL menemukan bahwa dalam jangka pendek, inflasi, nilai tukar, dan harga minyak dunia berdampak negatif signifikan. Sedangkan variabel suku bunga dan jumlah uang beredar memiliki dampak positif dan negatif signifikan sekaligus terhadap Indeks Saham Syariah Indonesia. Dalam jangka panjang, inflasi dan nilai tukar memiliki pengaruh positif, suku bunga dan jumlah uang beredar memiliki pengaruh negatif dan harga minyak dunia tidak berpengaruh terhadap Indeks Saham Syariah Indonesia. Hasil pengujian dengan model NARDL menemukan bahwa inflasi, suku bunga, dan nilai tukar memiliki dampak asimetris jangka pendek. Sedangkan dalam jangka panjang hanya nilai tukar yang memiliki pengaruh asimetris terhadap Indeks Saham Syariah Indonesia.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Darmawan, S.Pd, MAB
Uncontrolled Keywords: Saham Syariah, Makroekonomi, Simetris, Asimetris
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S2)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 05 Jul 2022 11:39
Last Modified: 05 Jul 2022 11:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51600

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum