PEMBELAJARAN TAHSIN AL-QURAN DENGAN METODE HANIFA MELALUI MEDIA YOUTUBE PADA MAHASISWA DI PONDOK PESANTREN ULUL ALBAB BALIREJO YOGYAKARTA

Hanifa Jinannisrina, NIM.: 18104010035 (2022) PEMBELAJARAN TAHSIN AL-QURAN DENGAN METODE HANIFA MELALUI MEDIA YOUTUBE PADA MAHASISWA DI PONDOK PESANTREN ULUL ALBAB BALIREJO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN TAHSIN AL-QURAN DENGAN METODE HANIFA MELALUI MEDIA YOUTUBE PADA MAHASISWA DI PONDOK PESANTREN ULUL ALBAB BALIREJO YOGYAKARTA)
18104010035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN TAHSIN AL-QURAN DENGAN METODE HANIFA MELALUI MEDIA YOUTUBE PADA MAHASISWA DI PONDOK PESANTREN ULUL ALBAB BALIREJO YOGYAKARTA)
18104010035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keprihatinan peneliti karena kurangnya kesadaran masyarakat dalam Pendidikan Agama Islam khususnya dalam masalah membaca Al-Quran atau yang berkaitan dengan tahsin Al-Quran. Keprihatinan ini bertambah karena kurangnya kesadaran mengenai ketepatan bacaan Al-Quran juga dialami oleh kategori setingkat mahasiswa. Maksud dari kurang cakap di sini adalah sudah bisa membaca namun belum sempurna dalam penerapan kaidah tajwid yang baik dan benar. Hal ini pun terjadi dikarenakan beberapa faktor yang menjadi penyebabnya seperti latar belakang pendidikan sebelumnya yang kurang menekankan pada baca tulis Al-Quran. Faktor internal sendiri seperti jarang mengaji Al-Quran. Tujuan belajar tahsin Al-Quran menggunakan metode Hanifa dengan media youtube ini untuk memperbaiki bacaan agar baik benar sesuai dengan kaidah tajwid. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yaitu bentuk penelitian yang digunakan untuk memahami atau mengeksplorasi makna yang berasal dari berbagai permasalahan sosial. Teknik pengambilan data dari penelitian ini yakni menggunakan metode wawancara, observasi, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang peneliti gunakan yakni dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksanaan keabsahan data yakni dengan cara trianggulasi sumber. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan: (1) Tujuan pembelajaran tahsin Al-Quran metode Hanifa dengan menggunakan media youtube yang diikuti oleh mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta adalah memperbaiki bacaan Al-Quran. Kategori mahasiswa kebanyakan sudah bisa membaca Al-Quran namun untuk penerapan membacanya sesuai dengan kaidah tajwid masih belum diterapkan dengan baik dan benar. (2) Media youtube menjadi salah satu bentuk alternatif untuk belajar tahsin Al-Quran metode hanifa dikarenakan perkembangan teknologi saat ini serta banyaknya kemudahan dan manfaat yang didapat dengan belajar tahsin melalui media youtube. (3) Hambatan pembelajaran tahsin Al-Quran metode Hanifa dengan menggunakan media youtube antara lain konten materi tahsin Al-Quran metode Hanifa sangat formal. (4) Solusi yang dilakukan dalam mengatasi masalah yang timbul selama proses pembelajaran tahsin Al-Quran metode Hanifa yaitu dalam kontennya bisa ditambahkan konten lain yang berbeda namun tetap memuat unsur tahsin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Moch. Fuad, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Tahsin Al-Quran, Metode Hanifa, Mahasiswa,Youtube
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren
al Qur'an > Tahfidz al Qur'an
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 01 Jul 2022 15:47
Last Modified: 01 Jul 2022 15:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51604

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum