STRATEGI GURU AKHLAK TASAWUF DALAM MENINGKATKAN SELF CONTROL SISWA KELAS XI MAN PK MAN 1 YOGYAKARTA

Antin Rista Yuliani, NIM.: 18104010069 (2022) STRATEGI GURU AKHLAK TASAWUF DALAM MENINGKATKAN SELF CONTROL SISWA KELAS XI MAN PK MAN 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI GURU AKHLAK TASAWUF DALAM MENINGKATKAN SELF CONTROL SISWA KELAS XI MAN PK MAN 1 YOGYAKARTA)
18104010069_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI GURU AKHLAK TASAWUF DALAM MENINGKATKAN SELF CONTROL SISWA KELAS XI MAN PK MAN 1 YOGYAKARTA)
18104010069_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah ketidakmampuan remaja dalam menampilkan tingkah laku yang sesuai dengan lingkungannya sehingga remaja cenderung berperilaku menyimpang. Hal tersebut berkaitan erat dengan self control siswa yang rendah, guru Akhlak dituntut untuk bisa menggunakan strategi yang tepat untuk meningkatkan self control siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana self control siswa, merumuskan apa saja strategi yang digunakan guru, menganalisis bagaimana hasilnya, dan menganalisis faktor pendukung serta faktor penghambat guru dalam meningkatkan self control siswa kelas XI MAN PK MAN 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dan penelitian deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah 1) Self control siswa kelas XI MAN PK adalah dari 24 siswa terdapat 20,83 % siswa yaitu 5 siswa memiliki self control yang baik atau appropriate control dan 80,17 % siswa yaitu 19 siswa memiliki self control kurang baik atau under control. Adapun perilaku under control siswa berdasarkan aspek-aspek self control yaitu terlambat masuk kelas, malas, berbohong, mengejek teman, lupa mengerjakan tugas, terlambat mengumpulkan tugas, menyontek saat ujian, menyontek tugas teman, keluar asrama tanpa izin, merokok, membolos pelajaran di asrama, dan tidak mengumpulkan HP saat di asrama. 2) Strategi guru Akhlak Tasawuf dalam meningkatkan self control siswa yaitu menggunakan strategi mengajar yang menyenangkan melalui strategi pembelajaran diskusi yang di modifikasi, memberikan hadiah (reward) dan hukuman (punishment), membantu menyelesaikan masalah siswa, menerapkan konsep belajar dari pengalaman, menerapkan pembiasaan, melalui keteladanan, dan melalui pemberian nasihat, teguran, dan peringatan. 3) Hasil yang dicapai guru Akhlak Tasawuf dalam meningkatkan self control siswa yaitu sebagian besar siswa sudah menyadari kesalahannya sehingga siswa sudah menunjukkan perilaku baik, namun untuk perilaku menyimpang terlambat masuk kelas dan keluar asrama tanpa izin, masih ditemukan siswa yang melanggar, sifat siswa masih berubah-ubah belum konsisten. 4) Faktor pendukung guru Akhlak Tasawuf dalam meningkatkan self control siswa yaitu keteladanan guru Akhlak Tasawuf, sistem tata kelola madrasah yang baik, dan strategi pembelajaran guru Akhlak Tasawuf. Faktor penghambatnya yaitu teman sebaya dan pemberian hukuman yang kurang tegas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Yuli Kuswandari, M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Remaja, Self Control, Guru Akhlak
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Kyai - Ustadz - Guru
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 04 Jul 2022 10:10
Last Modified: 04 Jul 2022 10:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51609

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum