PENANAMAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI PEMBELAJARAN KISAH-KISAH DALAM AL-QUR’AN DI TK PERTIWI NO. 26 JAMBIDAN BANGUNTAPAN BANTUL

Karina Kusumawati, NIM.: 18104030041 (2022) PENANAMAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI PEMBELAJARAN KISAH-KISAH DALAM AL-QUR’AN DI TK PERTIWI NO. 26 JAMBIDAN BANGUNTAPAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENANAMAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI PEMBELAJARAN KISAH-KISAH DALAM AL-QUR’AN DI TK PERTIWI NO. 26 JAMBIDAN BANGUNTAPAN BANTUL)
18104030041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENANAMAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI PEMBELAJARAN KISAH-KISAH DALAM AL-QUR’AN DI TK PERTIWI NO. 26 JAMBIDAN BANGUNTAPAN BANTUL)
18104030041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini berangkat dari sebuah permasalahan di TK Pertiwi No. 26 Jambidan yang masih terdapat beberapa peserta didik yang mempunyai kebiasaan-kebiasaan kurang baik, seperti ketika selesai bermain menggunakan alat permainan edukatif (APE) anak masih belum mau membereskan mainan yang telah digunakan dan langsung meninggalkannya, memukul temannya, menyembunyikan alat tulis temannya, beberapa anak masih ada yang membentak orang tuanya di sekolah, berkata kurang sopan dan berani kepada guru, ketika melakukan kesalahan anak tidak mau meminta maaf dan bersalaman. Oleh karena itu, guru melakukan penanaman karakter religious melalui pembelajaran kisah yang terdapat dalam Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan dan menanamkan pembelajaran kisah-kisah yang terdapat dalam Al-Qur’an dalam proses penanaman karakter religius pada peserta didik di TK Pertiwi No. 26 Jambidan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang menggunakan deskriptif analisis dengan mendiskripsikan segala bentuk tindakan dan juga fenomena yang dilakukan oleh subjek yang diteliti dalam proses pelaksanan pembelajaran kisah-kisah dalam Al-Qur’an. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa beberapa peserta didik yang pada mulanya memiliki karakter kurang baik, sudah mulai terlihat memiliki perubahan setelah adanya penanaman karakter religious melalui pembelajaran kisah-kisah dalam Al-Qur’an. Hal tersebut dapat dilihat ketika kegiatan pembelajaran di sekolah. Anak mulai patuh, berbakti, dan tidak membentak-bentak kepada orang tua, berkata sopan dan menghormati kepada orang yang lebih tua, tidak memiliki sifat pendendam, dapat mengenal suatu hal yang baik dan buruk seperti mau meminta maaf apabila melakukan kesalahan serta saling memaafkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Suismanto, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Penanaman Karakter Religius, Pembelajaran Kisah Al-Qur’an.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Tafsir Al-Qur'an > Kisah dalam Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 04 Jul 2022 11:07
Last Modified: 04 Jul 2022 11:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51627

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum