IMPLEMENTASI METODE TALAQQI DALAM MENGHAFAL AL-QUR´AN DI MADRASAH TAHFIZ PUTRI ANAK AL MUNAWWIR KOMPLEK Q KRAPYAK YOGYAKARTA

Wulan Eldasari, NIM.: 18104030047 (2022) IMPLEMENTASI METODE TALAQQI DALAM MENGHAFAL AL-QUR´AN DI MADRASAH TAHFIZ PUTRI ANAK AL MUNAWWIR KOMPLEK Q KRAPYAK YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI METODE TALAQQI< DALAM MENGHAFAL AL-QUR´AN DI MADRASAHTAH{FI<Z { PUTRI ANAK AL MUNAWWIR KOMPLEK Q KRAPYAK YOGYAKARTA)
18104030047_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI METODE TALAQQI< DALAM MENGHAFAL AL-QUR´AN DI MADRASAHTAH{FI<Z { PUTRI ANAK AL MUNAWWIR KOMPLEK Q KRAPYAK YOGYAKARTA)
18104030047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitan ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui bagaimana implementasi metode talaqqi> dalam menghafal Al-Qur´an di Madrasah Tahfiz Anak Al Munawwir Komplek Q Krapyak, Yogyakarta. (2) Untuk mengetahui apa saja faktor penghambat dan pendukung implementasi metode talaqqi> dalam menghafal Al-Qur´an di Madrasah Tah{fi>z{ Putri Anak Al Munawwir Komplek Q Krapyak, Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah jenis penelitian kualitatif. Subyek penelitian ini Ketua Madrasah, Sekretaris Madrasah, dan 4 pembimbing ngaji. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi partisipan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode talaqqi> dalam menghafal al-Qur´an di Madrasah Tah{fi>z{ Putri Anak Al Munawwir Komplek Q dilakukan dengan 3 tahap yaitu pembukaan, kegiatan inti, dan penutupan. Pembukaan dilakukan oleh pembimbing dengan mempersiapkan Al-Qur´an dan bolpoin kemudian mengabsen santri yang sudah antri. Kegiatan inti dilakukan dengan santri yang antri pertama langsung setoran hafalan kepada pembimbing, selanjutnya jika sudah selesai maka pembimbing akan membacakan ayat yang akan dihafalkan selanjutnya santri mengikuti bacaan pembimbing tadi, terakhir santri membaca yanbu‘a sesuai dengan jilid pencapaian santri. Terakhir kegiatan penutupan santri yang sudah selesai setoran, diminta untuk mengulang bacaan ayat yang sudah ditalaqqi> pembimbing tadi sampai kurang lebih 7 kali dan jika sudah selesai maka membaca do’a penutup al-Qur’an. Adapun faktor penghambat yang ada di Madrasah Tah{fi>z{ Putri Anak adalah waktu, mood anak yang naik turun, dan fokus anak. Faktor pendukungnya adalah tenaga pendidik yang professional sesuai dengan bidangnya, sarana prasarana yang memadai, lingkungan yang mendukung, semangat anak yang tinggi, jadwal kegiatan yang mendukung, usia anak yang bisa dibilang masih masa keemasan, dan dukungan orang tua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H.Suismanto, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Metode Talaqqi, Menghafal Al-Qur´an, Anak Usia Dini
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
al Qur'an > Tahfidz al Qur'an
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 04 Jul 2022 11:10
Last Modified: 04 Jul 2022 11:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51628

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum