KEPEMIMPINAN SITUASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 2 YOGYAKARTA MASA PANDEMI COVID-19

Dian Pratiwi, NIM.: 18104090001 (2022) KEPEMIMPINAN SITUASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 2 YOGYAKARTA MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEPEMIMPINAN SITUASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 2 YOGYAKARTA MASA PANDEMI COVID-19)
18104090001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (KEPEMIMPINAN SITUASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 2 YOGYAKARTA MASA PANDEMI COVID-19)
18104090001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya pandemi COVID-19 yang menyebabkan proses Kegiatan Belajar Mengajar dilakukan dengan cara yang berbeda dari sebelumnya. Sehingga warga sekolah khususnya Kepala Sekolah memiliki tantangannya masing-masing untuk merespon situasi pandemi. Tujuan penelitian ini untuk menguraikan upaya yang dilakukan Kepala Sekolah dalam menjalankan pembelajaran selama masa pandemi COVID-19. Serta menguraikan dasar Kepala Sekolah menerapkan kepemimpinan situasional dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di Sekolah Luar Biasa Negeri 2 Yogyakarta masa pandemi COVID-19 Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan total 8 (delapan) informan yang diklasifikasikan menjadi 3 jenis. Pertama, informan kunci yang terdiri dari salah satu staf kurikulum. Kedua, informan utama terdiri dari Kepala Sekolah SLB Negeri 2 Yogyakarta periode 2018-2022, satu siswa kelas 2 SMPLB, satu guru kelas 2 SMPLB, dan kepala bagian Tata Usaha. Ketiga, informan pendukung terdiri dari satu guru mata pelajaran pendidikan jasmani, wakil Kepala Sekolah bidang kurikulum, Guru Sejarah, dan satu anggota komite sekolah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Upaya yang dilakukan Kepala SLB Negeri 2 Yogyakarta untuk memastikan KBM berjalan antara lain: meningkatkan kompetensi guru dan tenaga kependidikan melalui pelatihan IT dan kontrol kedisiplinan, Kepala SLB Negeri 2 Yogyakarta melakukan manajemen khusus terhadap sarana prasaran dan keuangan SLB Negeri 2 Yogyakarta selama masa pandemi COVID-19, Kegiatan Belajar Mengajar masa pandemi bagi siswa Tunagrahita berupa materi pembelajaran tematik, peringanan beban tugas, dan sarana pembelajaran jarak jauh. (2) Kepala SLB Negeri 2 Yogyakarta menerapkan gaya kepemimpinan situasional untuk menyesuaikan kondisi pandemi COVID-19 agar Kegiatan Belajar Mengajar tetap dapat dilaksanakan. (3) Terdapat faktor ekstrinsik dan intrinsik yang menyebabkan Kepala SLB Negeri 2 Yogyakarta menerapkan kepemimpinan situasional. Implikasi penelitian ini adalah: (1) Kepala Sekolah harus membuat kurikulum darurat sebagai langkah siaga jika terjadi pandemi di masa yang akan datang, (2) Lembaga Pendidikan Luar Biasa harus memiliki tim khusus penanganan bencana pandemi COVID-19.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nora Saiva Jannana, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Situasional, Kegiatan Belajar Mengajar, Anak Berkebutuhan Khusus, Pandemi COVID-19
Subjects: Covid-19
Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 04 Jul 2022 11:25
Last Modified: 04 Jul 2022 11:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51632

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum