Konsep Persahabatan Philia sebagai Basis dalam Pendidikan Islam (Kontekstualisasi Pemikiran Plato dalam Teks Lysis)

Ahmad Nurcholish, NIM.: 18105010013 (2022) Konsep Persahabatan Philia sebagai Basis dalam Pendidikan Islam (Kontekstualisasi Pemikiran Plato dalam Teks Lysis). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Konsep Persahabatan Philia sebagai Basis dalam Pendidikan Islam (Kontekstualisasi Pemikiran Plato dalam Teks Lysis))
18105010013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (Konsep Persahabatan Philia sebagai Basis dalam Pendidikan Islam (Kontekstualisasi Pemikiran Plato dalam Teks Lysis))
18105010013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Diskursus pendidikan merupakan salah satu isu fundamental di kalangan intelektual Islam. Beberapa riset yang dilakukan oleh para ilmuwan Muslim menunjukkan betapa pentingnya merevitalisasi model pendidikan Islam agar berjalan efektif. Namun, realita berbicara lain, pendidikan Islam dewasa ini mengalami kemunduran dari berbagai sisi. Hal ini jelas menjadi masalah besar bagi umat Islam. Beberapa penelitian yang telah dihimpun menunjukkan adanya satu variabel penting yang dapat memengaruhi motivasi belajar dalam pendidikan secara signifikan, yaitu variabel pertemanan. Ajaran Islam bahkan secara gamblang juga menggambarkan posisi antara manusia sebagai rekan dalam mengerjakan kebaikan. Dalam tradisi di luar Islam, konsep persahabatan sebagai alat reformasi pendidikan juga ditunjukkan pada lingkungan kebudayaan Yunani Kuno melalui konsep philia. Jika kedua tradisi ini digabungkan, hal tersebut dapat menambah alternatif gagasan dalam mengembangkan fondasi pendidikan, khususnya dalam Islam. Tujuan utama penelitian ini berupaya mengembangkan model pendidikan Islam dengan basis persahabatan philia. Sebelum masuk ke sana, tentunya riset ini akan mendeskripsikan terlebih dahulu mengenai pengertian dari persahabatan philia yang diambil dari teks klasik Yunani Kuno karya Plato, yaitu Lysis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang berusaha menjelaskan secara komprehensif bagaimana model persahabatan philia dapat diintegrasikan dalam fondasi pendidikan Islam. Karena menggunakan sumber primer teks klasik Lysis, penelitian ini secara keseluruhan berbasis riset kepustakaan untuk berupaya menerjemahkan gagasan-gagasan dalam teks Lysis dengan referensi-referensi sekunder yang telah dikumpulkan. Untuk memudahkan penelitian ini, ada empat langkah analisis data yang digunakan, yaitu: (1) Interpretasi Kontekstual; (2) Verstehen; (3) Klasifikasi Data (Pengelompokan Data); dan (4) Kesinambungan Historis. Penelitian ini mendapatkan temuan-temuan penting. Persahabatan philia dapat diidentifikasi sebagai persahabatan dengan model triangular di mana ada tiga pihak yang berperan dalam relasi persahabatan. Dua pihak berposisi sebagai subjek, yaitu individu-individu yang saling bersahabat dan satu pihak lain berperan sebagai objek persahabatan yang disebut dengan kebaikan (agathon). Relasi di antara subjek persahabatan diikat oleh objek persahabatan. Objek persahabatan ideal dalam gagasan philia adalah nilai kebaikan tertinggi yang bersifat luhur dan abadi. Penjelasan ini mengarah kepada implementasi pendidikan Islam. Relasi persahabatan yang didorong oleh spirit kebaikan tertinggi (agathon) akan menghasilkan hubungan resiprokal atau saling menguntungkan dalam upaya mencapai kebahagiaan (eudaimonia). Kebahagiaan dalam konteks pendidikan Islam di sini adalah melahirkan lingkungan belajar saling mendukung atau tanpa berkompetisi satu sama lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Novian Widiadharma, S.Fil., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Persahabatan, Philia, Pendidikan Islam, Plato, Teks Lysis
Subjects: Ilmu Hadits
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Aqidah dan Filsafat Islam (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 06 Jul 2022 09:08
Last Modified: 06 Jul 2022 10:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51642

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum