PEMANFAATAN POTENSI LOKAL DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI DESA WISATA TAMPOMAS KABUPATEN BANJARNEGARA

Elfida Apriani Erisanti, NIM.: 18102030033 (2022) PEMANFAATAN POTENSI LOKAL DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI DESA WISATA TAMPOMAS KABUPATEN BANJARNEGARA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMANFAATAN POTENSI LOKAL DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI DESA WISATA TAMPOMAS KABUPATEN BANJARNEGARA)
18102030033_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEMANFAATAN POTENSI LOKAL DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI DESA WISATA TAMPOMAS KABUPATEN BANJARNEGARA)
18102030033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kesejahteraan merupakan impian dan harapan besar setiap masyarakat, pada umumnya sejahtera merupakan seseorang yang hidupnya terbebas dari kemiskinan, ketakutan dan kebodohan sehingga hidupnya aman dan tentram, baik lahir maupun batin. Oleh karena itu setiap masyarakat mempunyai tanggungjawab untuk mengembangkan kemampuan dan terus menggali potensi-potensi yang ada guna mencapai tingkat kesejahteraan masyarakat dengan memanfaatkan potensi-potensi yang ada. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan potensi-potensi dan bagaimana cara memanfaatkan potensi serta untuk mendeskripsikan tantangan apa saja yang dihadapi pada pemanfaatan potensi lokal dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Wisata Tampomas Kabupaten Banjarnegara. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik interaktif dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang didapatkan merupakan data yang sudah valid dan dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga potensi di Desa Wisata Tampomas yaitu potensi Sumber Daya Alam (SDA), potensi Sumber Daya Manusia (SDM) dan potensi sosial budaya. Pada pemanfaatan potensi lokal dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melewati lima tahap yaitu menemukan potensi, menentukan impian, merancang timeline, menentukan stakeholder dan implementasi program. Namun masih terdapat beberapa tantangan di dalamnya yaitu minimnya SDM dan dana, komunikasi yang kurang baik antara pengelola dengan pemerintah desa, pro kontra dengan penambang serta kurangnya kesadaran masyarakat Desa Gentansari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Aziz Muslim, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: potensi lokal; kesejahteraan masyarakat; Desa Wisata Tampomas; sumber daya alam (SDA)
Subjects: Manajemen Dakwah
Alam dan Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 04 Jul 2022 11:54
Last Modified: 04 Jul 2022 11:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51652

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum