EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP SELF EFFICACY SISWA ANGGOTA PRAMUKA MAN 1 SLEMAN

Muhammad Ariq Fakhrizzad, NIM.: 18102020037 (2022) EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP SELF EFFICACY SISWA ANGGOTA PRAMUKA MAN 1 SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP SELF EFFICACY SISWA ANGGOTA PRAMUKA MAN 1 SLEMAN)
18102020037_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP SELF EFFICACY SISWA ANGGOTA PRAMUKA MAN 1 SLEMAN)
18102020037_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh data wawancara dengan pembina pramuka di MAN 1 Sleman yang menjelaskan bahwa terdapat beberapa siswa anggota pramuka di MAN 1 Sleman memiliki self efficacy rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas bimbingan kelompok terhadap peningkatan self efficacy siswa anggota pramuka MAN 1 Sleman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperiman menggunakan model pre test and post test one group design. Penelitian ini diawali dengan pengisian pre test oleh responden kemudian diberikan treatment berupa bimbingan kelompok dengan metode role playing, dan ditindak lanjuti dengan pengisian post test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya efektivitas bimbingan kelompok dengan metode role playing terhadap self efficacy siswa anggota pramuka. Hal ini dibuktikan dengan nilai Asymp.Sig (2-tailed) dari hasil uji wilcoxon sebesar 0,005. Nilai 0,005 < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan perhitungan uji frekuensi data, sebanyak 20% siswa mengalami peningkatan self efficacy pada kategori kurang signifikan, 60% siswa mengalami peningkatan self efficacy pada kategori signifikan, dan 20% siswa mengalami peningkatan self efficacy pada kategori sangat signifikan. Dengan demikian hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok dengan metode role playing efektif dalam peningkatan self efficacy siswa anggota pramuka di MAN 1 Sleman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Sudharno Dwi Yuwono, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: bimbingan kelompok; role playing; self efficacy; pembina pramuka
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 04 Jul 2022 12:01
Last Modified: 04 Jul 2022 12:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51654

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum