Studi Komparatif Pemahaman Al-Qur’an dan Alkitab Terhadap Homoseksual Dan Respon Umat Muslim dan Kristiani Terhadap Hukum Homoseksual

Hanifatunnisa, NIM.: 18105020004 (2022) Studi Komparatif Pemahaman Al-Qur’an dan Alkitab Terhadap Homoseksual Dan Respon Umat Muslim dan Kristiani Terhadap Hukum Homoseksual. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Studi Komparatif Pemahaman Al-Qur’an dan Alkitab Terhadap Homoseksual Dan Respon Umat Muslim dan Kristiani Terhadap Hukum Homoseksual)
18105020004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (Studi Komparatif Pemahaman Al-Qur’an dan Alkitab Terhadap Homoseksual Dan Respon Umat Muslim dan Kristiani Terhadap Hukum Homoseksual)
18105020004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Perilaku penyimpangan seksual seperti homoseksual atau biasa dikenal dengan LGBT merupakan suatu kasus yang jumlahnya cenderung terus meningkat di zaman sekarang. Bahkan, saat ini tidak sulit untuk mencari eksistensi kaum LGBT terutama di sosial media. Dalam agama Islam, perilaku homoseksual dan perbuatannya tercantum di dalam Al-Qur’an bahwa perbuatan tersebut merupakan perbuatan yang melampaui batas. Selain Al-Qur’an, pelarangan homoseksual juga tercantum dalam Alkitab. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis secara kritis mengenai bagaimana homoseksual dipandang dalam dua agama, Islam dan Kristen yang didasarkan oleh masing-masing kitab sucinya, serta bagaimana umat muslim dan kristiani dalam merespon hukum homoseksual dalam Al-Qur’an dan Alkitab. Adapun metode penelitian ini, penulis akan menggunakan metode kualitatif dengan menganalisis dan mendeskripsikan. Bentuk penelitian ini menggunakan metode kepustakaan (library research) dengan menggunakan metode pendekatan komparatif yang sumber datanya diperoleh dari Al-Qur’an, Alkitab, dan buku-buku pendamping lainnya yang berkaitan dengan judul penelitian. Adapun dalam menganalisis, penelitian ini menggunakan teori Hermeneutik Hans-Georg Gadamer dengan tiga teori pokoknya yakni teori kesadaran keterpengaruhan oleh sejarah, teori prapemahaman, teori penggabungan/asimilasi horizon dan teori penerapan/aplikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa meskipun tidak ada penegasan tentang LGBT secara detail, namun Al-Qur’an dan Alkitab melarang tindakan homoseksual. Hal tersebut dibuktikan dengan berbagai firman yang tercantum dalam Al-Qur’an dan Alkitab. Meskipun demikian, pelarangan-pelarangan tersebut nyatanya tidak sesuai dengan fakta yang ada. Masalah yang berkaitan dengan homoseksual nyatanya tidak pernah habis untuk diperbincangkan dan diperdebatkan. Bahkan, yang terjadi adalah banyak dari mereka yang membela kaum LGBT dengan membawa nama agama. Pada ranah pemaknaan ini, secara garis besar penulis menemukan poin persamaan maupun perbedaannya. Persamaannya yakni baik Al-Qur’an maupun Alkitab keduanya sama-sama menegaskan pelarangan tindakan homoseksual. Adapun perbedaannya, dalam Al-Qur’an dijelaskan bahwasannya kaum Nabi Luth merupakan kaum yang pertama kali melakukan perbuatan homoseksual dan belum pernah ada kaum yang melakukan perbuatan tersebut sebelumnya, sedangkan dalam Alkitab tidak dijelaskan mengenai hal tersebut dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Khairullah Zikri, S.Ag. MA. St.Rel.
Uncontrolled Keywords: Homoseksual, Al-Qur’an, Alkitab
Subjects: Studi Agama Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama Agama (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 06 Jul 2022 10:16
Last Modified: 06 Jul 2022 10:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51659

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum