MANAJEMEN OPERASIONAL BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2019-2020

Annida Vivy Khanifa, NIM.: 17102040055 (2021) MANAJEMEN OPERASIONAL BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2019-2020. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN OPERASIONAL BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2019-2020)
17102040055_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN OPERASIONAL BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2019-2020)
17102040055_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR (1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa faktor yang bersumber dari internal dan eksternal, adapun dari faktor internal adalah sumber daya manusia dan letak kantor Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Yogyakarta. Minimnya kesadaran masyarakat akan pentingnya berzakat serta minimnya pengetahuan masyarakat mengenai BAZNAS sebagai lembaga amil zakat yang memudahkan masyarakat dalam membayar zakat, infaq maupun shadaqah. Kemudian sumber daya manusia di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Yogyakarta yang berdasarkan kuantitasnya tidak banyak namun dapat mencapai kualitas yang baik, kantor Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Yogyakarta yang berpindah, letak kantor strategis karena berada di lingkungan pemerintahan hanya saja kurang terlihat karena tidak berada dipinggir jalan. Dari beberapa permasalahan tersebut maka timbul pertanyaan bagaimana manajemen operasional Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Yogyakarta tahun 2019-2020. Tujuan penelitian ini ialah mengetahui manajemen operasional yang dilakukan oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Jay Heizer dan Barry Render yang mengenai manajemen operasional yang memiliki 10 konsep diantaranya adalah, perancangan barang dan jasa, kualitas, perancangan proses dan kapasitas, pemilihan lokasi, perancangan tata letak, sumber daya manusia dan rancangan pekerjaan, manajemen rantai pasokan, persediaan, penjadualan dan pemeliharaan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen operasional yang terdiri dari perancangan desain produk dan pelayanan, kualitas, perancangan proses dan kapasitas, pemilihan lokasi, penjadualan perancangan tata letak, sumber daya manusia, manajemen rantai pasokan, persediaan, dan pemeliharaan sudah diterapkan dengan baik di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Yogyakarta. Hal ini terbukti dari segi pelayanan jasa yang optimal, yang memberikan rasa puas terhadap konsumen. Memiliki perancangan yang matang sehingga kekurangan yang berkaitan dengan pelayanan dapat dikendalikan dengan evaluasi. Memiliki lokasi yang cukup strategis, karena kantor yang berada di pusat pemerintahan hanya saja letaknya tidak berada dipinggir jalan. Optimalisasi kantor, dengan memanfaatkan lahan yang terbatas menjadi sebuah kantor yang multifungsi. Memiliki sumber daya manusia yang kinerjanya baik dan patuh terhadap aturan. Memiliki mitra yang mengendalikan persediaan jasa. Memiliki persediaan pelayanan yang memberikan kemudahan bagi konsumen terutama muzakki. Penjadualan yang tersusun rapih dengan adanya timeline dan cutting off, dan pemeliharaan sarana dan prasarana yang baik oleh semua elemen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Andy Dermawan, M. Ag
Uncontrolled Keywords: manajemen operasional; Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Yogyakarta; muzakki; ZIS
Subjects: Manajemen Dakwah
Hukum Islam > Zakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 04 Jul 2022 14:36
Last Modified: 04 Jul 2022 14:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51664

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum