MODIFIKASI RAGAM RASM DALAM MANUSKRIP MUSHAF AL-QUR`AN R00222 KOLEKSI PERPUSTAKAAN BALAI BAHASA PROVINSI D.I.Y

Mujib Ubaedillah, NIM.: 18105030062 (2022) MODIFIKASI RAGAM RASM DALAM MANUSKRIP MUSHAF AL-QUR`AN R00222 KOLEKSI PERPUSTAKAAN BALAI BAHASA PROVINSI D.I.Y. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MODIFIKASI RAGAM RASM DALAM MANUSKRIP MUSHAF AL-QUR`AN R00222 KOLEKSI PERPUSTAKAAN BALAI BAHASA PROVINSI D.I.Y)
18105030062_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MODIFIKASI RAGAM RASM DALAM MANUSKRIP MUSHAF AL-QUR`AN R00222 KOLEKSI PERPUSTAKAAN BALAI BAHASA PROVINSI D.I.Y)
18105030062_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan rasm utsmani dalam penulisan Al-Qur`an menurut sebagian ulama merupakan hal yang wajib. Akan tetapi, dalam praktiknya kaidah penulisan Al-Qur`an memiliki ragam yang bermacam-macam. Pada kaidah rasm utsmani dikenal dua mazhab utama yaitu imam Abu Amr ad-Dani dan imam Abu Dawud Sulaiman bin Najjah, sedangkan al-Balansi, al-Syatibi, al-Kharraz, dan lain-lain dikategorikan sebagai pelengkap karya-karya sebelumnya dari dua imam tersebut. Sayangnya mazhab tentang rasm utsmani tidak diketahui masyarakat luas. Sehingga muncul pandangan negatif yang menganggap bahwa mushaf tertentu paling mengikuti rasm utsmani dari pada mushaf lainnya. Kajian rasm menjadi menarik apabila dikaitkan dengan manuskrip mushaf Al-Qur`an di Indonesia, apakah sesuai dengan kaidah rasm utsmani atau membuat keragaman baru. Salah satu manuskrip mushaf Al-Qur`an yang tersebar di Indonesia adalah Manuskrip Mushaf Al-Qur`an R00222 koleksi Perpustakaan Balai Bahasa Provinsi D.I.Y dan menjadi objek penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui karakteristik manuskrip mushaf Al-Qur`an R00222 dan mengungkap keragaman penggunaan rasm pada manuskrip mushaf Al-Qur`an R00222. Penelitian ini merupakan jenis penelitian literature atau kepustakaan (library research) dengan menggunakan ilmu bantu filologi karena merupakan naskah kuno tulis tangan. Akan tetapi, untuk mengetahui karakteristik naskah dan sejarah mushaf Al-Qur`an R00222 peneliti melakukan wawancara dan observasi secara langsung di Perpustakaan Balai Bahasa Provinsi D.I.Y. Selanjutnya, untuk mengungkap keragaman rasm peneliti menggunakan sumber-sumber kepustakaan. Penulis menggunakan lima kaidah penulisan rasm utsmani dan mengambil 65 sampel dari mushaf R00222. Pada kaidah hazf al-huruf terdapat 33 sampel, 9 sampel tidak sesuai, 21 sampel sesuai dengan ad-Dani dan 3 sampel sesuai dengan ad-Dani dan Abu Dawud. Pada kaidah Ziyadah terdapat 15 sampel, 3 sampel tidak sesuai dan 12 sampel sesuai dengan kaidah ad-Dani dan Abu Dawud. Pada kaidah Hukum hamzah terdapat 4 sampel, 2 sampel tidak sesuai dan 2 sampel sesuai. Pada kaidah badal dan kaidah al-fasl wa al-wasl terdapat 17 sampel, semua sampel tersebut sesuai dengan kaidah rasm utsmani dua syaikhani ad-Dani dan Abu Dawud. Menurut data tersebut, penulisan atau penyalinan mushaf Al-Qur`an R00222 menggunakan rasm yang beragam sehingga terjadi modifikasi rasm utsmani yang berbeda dengan dua syaikhani ad-Dani dan Abu Dawud. Akan tetapi, penulisan yang tidak sesuai dengan kaidah dan tidak sesuai dengan dua syaikhani ad-Dani dan Abu Dawud tidak bisa dikatakan sebagai rasm imla`i. Menurut penulis, rasm pada mushaf R00222 menggunakan rasm utsmani akan tetapi memiliki style atau gaya tersendiri yang berbeda dengan ad-Dani dan Abu Dawud.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Achmad Yafik Mursyid, M.A.
Uncontrolled Keywords: Al-Qur`an, Rasm, Manuskrip
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 06 Jul 2022 13:40
Last Modified: 06 Jul 2022 13:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51671

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum