PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM OPTIMALISASI SUMBER DAYA MANUSIA UNTUK PERKEMBANGAN KARIR GURU DI MA AL ROSYID BOJONEGORO

Afidatul Munawaroh, NIM.: 18104090072 (2022) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM OPTIMALISASI SUMBER DAYA MANUSIA UNTUK PERKEMBANGAN KARIR GURU DI MA AL ROSYID BOJONEGORO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM OPTIMALISASI SUMBER DAYA MANUSIA UNTUK PERKEMBANGAN KARIR GURU DI MA AL ROSYID BOJONEGORO)
18104090072_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM OPTIMALISASI SUMBER DAYA MANUSIA UNTUK PERKEMBANGAN KARIR GURU DI MA AL ROSYID BOJONEGORO)
18104090072_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Terjadinya kesenjangan di sekolah yang dilakukan guru, berdampak terhadap kualitas pendidikan. Guru tidak disiplin menyebabkan proses pembelajaran kurang optimal. Terlebih guru tidak menguasai kemampuan teknologi. Oleh karena itu, peran kepala sekolah sangat diperlukan untuk mengatasi hal tersebut. Salah satu peran kepala sekolah adalah membina guru agar bekerja dengan baik melalui optimalisasi sumber daya manusia di madrasah. Tujuan penelitian meneliti peran kepala sekolah dalam optimalisasi sumber daya manusia untuk perkembangan karir guru di MA Al Rosyid Bojonegoro. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Informan penelitian meliputi 1 orang kepala sekolah, 5 orang guru (guru kelas dan guru bidang studi), dan 1 orang staf tata usaha. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, peran kepala sekolah sangat diperlukan dalam optimalisasi sumber daya manusia untuk perkembangan karir guru. Peran tersebut menggunakan metode EMASLIM (Educator, Motivator, Administrator, Supervisor, Leader, Innovator, Motivator). Kedua, peran kepala sekolah dalam mengoptimalkan sumber daya manusia untuk perkembangan karir guru menggunakan sistem kedisiplinan, mengawal, dan melatih. Ketiga, dampak peran kepala sekolah dalam optimalisasi sumber daya manusia untuk perkembangan karir guru yaitu dengan mengikutsertakan guru dalam pelatihan, meningkatkan status penugasan guru dan memberi kesempatan guru untuk mengikuti jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Subiyantoro, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kepala Sekolah, Sumber Daya Manusia, Perkembangan Karir
Subjects: Pendidikan > Kepala Sekolah
Sumber Daya Manusia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 Jul 2022 08:56
Last Modified: 05 Jul 2022 08:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51676

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum