ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

Dwi Rachmanto, NIM.: 18106000016) (2022) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR)
18106000016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR)
18106000016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi kemampuan pemecahan masalah yang ditinjau dari gaya belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar. Jenis penelitian adalah deskriptif-kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas VIII E MTs N 1 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan pemberian tes kemampuan pemecahan masalah, skala gaya belajar dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data model Miles & Huberman yang meliputi tiga aktivitas yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa dengan gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik mempunyai tingkat kemampuan pemecahan masalah yang berbeda. Karakteristik siswa dengan gaya belajar visual yaitu mampu memahami dan menuliskan informasi dari masalah dengan rapi dan teratur, siswa mampu menyusun rencana penyelesaian karena merupakan perencana yang baik, dalam menyelesaikan masalah siswa mengilustrasikan masalah dengan gambar dan mampu melaksanakan semua strategi selama proses siswa juga mampu menginterpretasi hasil dan memeriksa kembali karena subjek visual merupakan orang yang teliti. Subjek auditorial mampu memahami dan menuliskan informasi menggunakan narasi dalam menuliskan informasi dari masalah, siswa mampu menyusun rencana penyelesaian, dalam menyelesaikan masalah siswa cenderung kurang baik namun siswa mampu menjelaskan penyelesaian secara rinci dan dapat menjelaskan masalah dengan kalimat sendiri dengan lancar, siswa juga mampu menginterpretasi hasil dan memeriksa kembali. Subjek kinestetik menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan dengan menuliskan secara singkat disertai dengan gambar gambar yang mengilustrasikan masalah yang dihadapi dan dapat menjelaskan dengan jelas walaupun perlahan, siswa mampu menyusun rencana penyelesaian dari soal kontekstual yang diujikan, dalam menyelesaikan masalah siswa cenderung kurang rapi dan kurang runtut dan siswa mampu menginterpretasi hasil dan memeriksa kembali. Subjek visual auditorial menuliskan informasi yang diketahui dengan kurang lengkap, siswa merencanakan penyelesaian yang digunakan pada setiap penyelesaian masalah dengan kurang lengkap, siswa memecahkan soal sesuai dengan rencana yang dibuat namun cenderung singkat dan kurang tepat dan Siswa mampu menginterpretasi hasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Fina Hanifa Hidayati, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Pemecahan Masalah, Gaya Belajar, Bangun Ruang Sisi Datar
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 Jul 2022 09:19
Last Modified: 05 Jul 2022 09:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51679

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum