ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERDASARKAN GAYA BELAJAR DAVID KOLB

Nur Juhainah Ulfa, NIM.: 18106000039 (2022) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERDASARKAN GAYA BELAJAR DAVID KOLB. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERDASARKAN GAYA BELAJAR DAVID KOLB)
18106000039_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERDASARKAN GAYA BELAJAR DAVID KOLB)
18106000039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Gaya belajar merupakan cara siswa untuk memahami dan memproses informasi, pengalaman, dan memecahkan masalah dalam suatu pembelajaran. David Kolb mengemukakan bahwa gaya belajar ada empat yaitu diverger, assimilator, converger, dan accommodator. Berpikir kritis merupakan suatu proses berpikir reflektif yang berfokus pada memutuskan apa yang diyakini atau dilakukan. Kemampuan berpikir kritis siswa berbeda-beda, sehingga sebaiknya dikembangkan agar siswa mampu menyelesaikan masalah matematika dengan cepat dan mudah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan gaya belajar David Kolb. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kritis, angket gaya belajar, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilakukan di MAN 3 Bantul dengan subjek penelitian adalah siswa-siswa kelas XI MIPA 1 dan 2 pada materi Barisan dan Deret. Gaya belajar pada penelitian ini ditentukan menggunakan angket Kolb Learning Style Inventory (KLSI). Kemampuan berpikir kritis siswa diukur menggunakan enam indikator yang dikemukakan oleh Peter A. Facione yaitu Interpretation, Analysis, Evaluation, Inference, Eksplanation, dan Self Regulation. Hasil analisis data penelitian menunjukkan gaya belajar yang dimiliki siswa-siswi kelas XI MIPA 1 dan 2 yaitu diverger dengan jumlah 14 siswa, assimilator dengan jumlah 39 siswa, converger dengan jumlah 14 siswa, dan accommodator dengan jumlah 0 siswa. Kemampuan berpikir kritis siswa pada gaya belajar diverger diperoleh pada tingkat sedang 1 siswa dan tingkat rendah berjumlah 13 siswa. Kemampuan berpikir kritis siswa pada gaya belajar assimilator diperoleh pada tingkat tinggi 1 siswa, tingkat sedang 4 siswa, dan tingkat rendah berjumlah 34 siswa. Kemampuan berpikir kritis siswa pada gaya belajar converger diperoleh pada tingkat sedang 1 siswa dan tingkat rendah berjumlah 13 siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dian Permatasari, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kritis, Gaya Belajar, David Kolb
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 Jul 2022 10:11
Last Modified: 05 Jul 2022 10:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51688

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum