PENGGUNAAN MOBILE LEARNING BERJUDUL “PERSAMAAN REAKSI” DI PORTAL M-EDUKASI BPMK-KEMDIKBUD SEBAGAI MEDIA BELAJAR DALAM MENINGKATKAN SIKAP POSITIF SISWA TERHADAP KIMIA

Ika Imeldasari, NIM.: 1806070021 (2022) PENGGUNAAN MOBILE LEARNING BERJUDUL “PERSAMAAN REAKSI” DI PORTAL M-EDUKASI BPMK-KEMDIKBUD SEBAGAI MEDIA BELAJAR DALAM MENINGKATKAN SIKAP POSITIF SISWA TERHADAP KIMIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN MOBILE LEARNING BERJUDUL “PERSAMAAN REAKSI” DI PORTAL M-EDUKASI BPMK-KEMDIKBUD SEBAGAI MEDIA BELAJAR DALAM MENINGKATKAN SIKAP POSITIF SISWA TERHADAP KIMIA)
18106070021_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN MOBILE LEARNING BERJUDUL “PERSAMAAN REAKSI” DI PORTAL M-EDUKASI BPMK-KEMDIKBUD SEBAGAI MEDIA BELAJAR DALAM MENINGKATKAN SIKAP POSITIF SISWA TERHADAP KIMIA)
18106070021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan peningkatan prestasi belajar siswa menjadi hal yang sulit ditangani. Berdasarkan hal ini Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan melakukan berbagai cara untuk membantu meningkatkan kualitas pendidikan salah satunya dengan membangun portal belajar berbasis mobile learning yang dapat dibuka dengan alamat https://m-edukasi.kemdikbud.go.id. Penggunaan mobile learning dimaksudkan untuk memberikan stimulus kepada siswa dalam pembentukan sikap positif terhadap kimia sehingga dapat meningkatkan hasil belajarnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kondisi sikap peserta didik terhadap kimia dan mengetahui pengaruh penggunaan mobile learning berjudul “Persamaan Reaksi” di portal sebagai media belajar. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan Non-equivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian berjumlah 60 siswa yang terbagi kedalam dua kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar kuesioner berformat semantik diferensial yang berasal dari ASCI (Attitude to the Study of Chemistry Inventory). Teknik analisis data menggunakan uji statistik non-parametrik Mann-Whitneyy U-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa kondisi awal sikap dari peserta didik terhadap kimia dalam kategori baik, dan tidak terdapat perbedaan kondisi sikap akhir peserta didik antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Sehingga kualitas isi materi mobile learning “Persamaan Reaksi” di portal m-edukasi perlu ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Muhammad Zamhari, S.Pd., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Mobile Learning, Sikap Terhadap Kimia, Media Pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 Jul 2022 10:33
Last Modified: 05 Jul 2022 10:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51692

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum