PENGEMBANGAN VIDEO PRAKTIKUM SEDERHANA MATERI REDOKS SEBAGAI SUMBER PRAKTIKUM ALTERNATIF DI MASA PANDEMI COVID-19

Khairunnisa Nurul Laily, NIM.: 18106070043 (2022) PENGEMBANGAN VIDEO PRAKTIKUM SEDERHANA MATERI REDOKS SEBAGAI SUMBER PRAKTIKUM ALTERNATIF DI MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN VIDEO PRAKTIKUM SEDERHANA MATERI REDOKS SEBAGAI SUMBER PRAKTIKUM ALTERNATIF DI MASA PANDEMI COVID-19)
18106070043_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN VIDEO PRAKTIKUM SEDERHANA MATERI REDOKS SEBAGAI SUMBER PRAKTIKUM ALTERNATIF DI MASA PANDEMI COVID-19)
18106070043_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Praktikum merupakan kegiatan penting yang harus dilakukan siswa untuk melatih skill dan meningkatkan pemahaman materi yang dipelajari. Akan tetapi, adanya covid-19 membuat kegiatan praktikum di laboratorium sekolah tidak dapat dilaksanakan. Oleh karena itu dibutuhkan suatu media agar kegiatan praktikum dapat tetap dilakukan oleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dan mengetahui kualitas video praktikum sederhana pada materi redoks. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4D (Define, Design, Development, dan Disseminate), tetapi penelitian ini hanya sampai tahap development saja. Karakteristik pada video ini memiliki visual yang baik dan jelas sehingga mudah untuk diikuti, menggunakan bahasa sehari-hari sehingga mudah untuk dipahami, dan dapat digunakan dimanapun karena alat dan bahannya mudah untuk ditemui. Video praktikum sederhana pada materi redoks ini berisi praktikum proses redoks pada korosi paku, proses redoks pada betadine dan vitamin C, dan proses redoks pada bawang merah dan permanganas kalikus (PK). Produk dinilai oleh satu dosen ahli materi, satu dosen ahli media, dan empat reviewer, serta direspon oleh sepuluh siswa kelas X. Hasil penilaian kualitas produk oleh ahli materi mendapatkan persentasi 97,14% dengan kategori sangat baik (SB), ahli media mendapatkan persentasi 90% dengan kategori sangat baik (SB), dan reviewer (guru kimia SMA/MA) mendapatkan persentase 91,81% dengan kategori sangat baik (SB). Kemudian, hasil respon siswa memperoleh persentase 95%. Berdasarkan penilaian tersebut dapat disimpulkan bahwa video praktikum sederhana pada materi redoks dapat digunakan sebagai sumber praktikum alternatif dimasa COVID-19.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Agus Kamaludin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Video Praktikum Sederhana, Sumber Belajar, Redoks
Subjects: Covid-19
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 Jul 2022 10:48
Last Modified: 05 Jul 2022 10:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51696

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum