ASPEK MAQASIDI DALAM PENAFSIRAN KISAH NABI YUSUF DAN ZULAIKHA (Studi Kitab Tafsir Al-Misbah)

Muhamad Rouf Didi Sutriadi, NIM.: 18105030119 (2022) ASPEK MAQASIDI DALAM PENAFSIRAN KISAH NABI YUSUF DAN ZULAIKHA (Studi Kitab Tafsir Al-Misbah). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ASPEK MAQASIDI DALAM PENAFSIRAN KISAH NABI YUSUF DAN ZULAIKHA (Studi Kitab Tafsir Al-Misbah))
18105030119_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ASPEK MAQASIDI DALAM PENAFSIRAN KISAH NABI YUSUF DAN ZULAIKHA (Studi Kitab Tafsir Al-Misbah))
18105030119_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kisah Nabi Yusuf as merupakan kisah satu-satunya yang diceritakan dalam al-Qur’an secara utuh dalam satu surat, yaitu surat Yusuf. Di dalamnya menceritakan tentang kehidupan Nabi Yusuf as dari kecil hingga dia beranjak dewasa. Di antara beberapa rekaman kejadian yang ada, yang menjadi fokus penulis adalah kejadian Nabi Yusuf dan Zulaikha. Quraish Shihab dalam kitab Tafsir al-Misbah memberikan penjelasan yang sangat menarik akan kejadian tersebut. Menurut penulis penafsiran Quraish Shihab atas kejadian Yusuf dan Zulaikha dalam Tafsir al-Misba>h sudah menyentuh aspek Maqasidi, tapi belum secara jelas disebutkan. Maka terdapat dua rumusan masalah pada penelitian ini. Pertama, bagaimana penafsiran M. Quraish Shihab atas kisah Nabi Yusuf dalam kitab Tafsir al-Misbah . Kedua, bagaimana aspek maqasidi yang terdapat pada penafsiran M. Quraish Shihab atas kisah Nabi Yusuf dan Zulaikha di dalam kitab Tafsir al-Misbah Adapun Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif-analistis. Alur pada penelitian ini dimulai dengan menjelaskan kitab Tafsir al-Misbah , kemudian bagaimana penafsiran M. Quraish Shihab mengenai kisah Nabi Yusuf dan Zulaikha Q.S Yusuf 23-53 dalam kitab Tafsir al-Misbah , dan terakhir penafsiran yang telah dijelaskan akan dianalisis menggunakan pendekatan Tafsir Maqasidi untuk menjelaskan aspek-aspek maqasidi yang terdapat dalam penafsiran M. Quraish Shihab atas kisah Nabi Yusuf. Setelah menggunakan analisis Tafsir Maqasidi atas penafsiran M. Quraish Shihab terhadap kisah Nabi Yusuf as dan Zulaikha Q.S Yusuf 23-53 dalam Tafsir al-Misbah , ditemukan beberapa aspek Maqasidi dalam penafsiran M. Quraish Shihab. Pertama, Maqasidi Zahir Min Dakhil al-Nusus (secara tersurat) yaitu, Hifz al-Din (pentingnya menjaga nilai-nilai agama dalam kehidupan), Hifz an-Nafs (pentingnya memenuhi kebutuhan fisiologis manusia), Hifz al-‘Aql (pentingnya berfikir secara rasional dan sikap ketelitian dalam menyimpulkan informasi). Kedua, Maqasidi Batin; Min Kharij al-Nusus} (secara tersirat) berupa nilai keadilan (al-Adalah), yaitu pada dasarnya semua manusia yang berbuat baik, akan mendapat balasan yang setimpal dari Allah SWT, walaupun orang tersebut tidak percaya kepadanya. Dan yang terakhir adalah nilai kesetaraan (al-Musawah), yaitu baik laki-laki atau perempuan sama-sama bisa menjadi korban ataupun pelaku atas perilaku pelecehan seksual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Aida Hidayah, S. Th.I., M. Hum.
Uncontrolled Keywords: Tafsir Maqasidi, Kisah Nabi Yusuf Dan Zulaikha Q.S. Yusuf 23-53, Tafsir al-Misbah , M. Quraish Shihab.
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 06 Jul 2022 13:57
Last Modified: 06 Jul 2022 13:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51697

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum