PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK INTERAKTIF MATERI LAJU REAKSI BERMUATAN SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING AND MATHEMATICS (STEM)

Risma Alfina Indriana, NIM.: 18106070048 (2022) PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK INTERAKTIF MATERI LAJU REAKSI BERMUATAN SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING AND MATHEMATICS (STEM). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK INTERAKTIF MATERI LAJU REAKSI BERMUATAN SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING AND MATHEMATICS (STEM))
18106070048_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK INTERAKTIF MATERI LAJU REAKSI BERMUATAN SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING AND MATHEMATICS (STEM))
18106070048_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Era revolusi industri 4.0 menuntut guru untuk dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan memanfaatkan teknologi. Salah satu upaya yang dapat dilakukan guru adalah melalui bahan ajar yang diintegrasikan dengan teknologi dan model pembelajaran Science Technology Engineering and Mathematics (STEM). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul elektronik interaktif bermuatan STEM pada materi laju reaksi dan mengetahui kualitas modul yang dihasilkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Produk berupa modul elektronik interaktif bermuatan (STEM) berbentuk HTML berisi materi, kuis interaktif, dan proyek (STEM). Produk dinilai oleh satu ahli materi, satu ahli media, dan empat reviewer (guru kimia SMA/MA). Hasil penilaian kualitas produk oleh ahli media mendapatkan persentase 96,67% dengan kategori sangat baik (SB), ahli materi mendapatkan persentase 82,22% dengan kategori baik (B), dan guru kimia SMA/MA mendapatkan persentase 95% dengan kategori sangat baik (SB). Modul direspon positif oleh siswa dengan persentase sebesar 96%. Berdasarkan hasil penilaian dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran di SMA/MA pada materi laju reaksi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Agus Kamaludin, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Modul Elektronik Interaktif, STEM, Laju Reaksi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 Jul 2022 11:32
Last Modified: 05 Jul 2022 11:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51704

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum