PENGARUH BELANJA MODAL, PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD), DAN PERTUMBUHAN EKONOMI TERHADAP KINERJA KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH DI PULAU JAWA PERIODE 2014-2019

Koni Hermawan, NIM.: 16810012 (2022) PENGARUH BELANJA MODAL, PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD), DAN PERTUMBUHAN EKONOMI TERHADAP KINERJA KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH DI PULAU JAWA PERIODE 2014-2019. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH BELANJA MODAL, PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD), DAN PERTUMBUHAN EKONOMI TERHADAP KINERJA KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH DI PULAU JAWA PERIODE 2014-2019)
16810012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH BELANJA MODAL, PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD), DAN PERTUMBUHAN EKONOMI TERHADAP KINERJA KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH DI PULAU JAWA PERIODE 2014-2019)
16810012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kinerja keuangan pemerintah pusat dan daerah adalah tingkat pencapaian dari suatu hasil kinerja keuangan yang meliputi anggaran dan realisasi pendapatan asli daerah dengan menggunakan indikator keuangan yang ditetapkan melalui suatu kebijakan atau ketentuan perundang-undangan selama satu periode anggaran. Pengukuran kinerja keuangan merupakan alat bagi masyarakat untuk mengetahui akuntabilitas dan tanggungjawab pemerintah dalam menjalankan tugasnya. Beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja keuangan pemerintah daerah adalah Belanja Modal, dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang diproksikan dengan total aset. Penelitian ini bertujuan dan berguna untuk mengetahui pengaruh belanja modal, pendapatan asli daerah dan pertumbuhan ekonomi terhadap kinerja keuangan pemerintah daerah dipulau Jawa. Sumber data berasal dari situs resmi Badan Pusat Statistik (BPS) dan Kementerian Keuangan, dengan waktu 6 tahun (2014-2019). Metode penelitian yang digunakan adalah metode estimasi data panel kuantitatif, dan model yang cocok digunakan adalah model fixed effect. Teknologi analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan software Eviews 9, dan hasil analisis menunjukkan bahwa belanja modal (X1) berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan pemerintah daerah, dan pendapatan asli daerah (X2) berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan pemerintah daerah. Sedangkan pertumbuhan ekonomi (X3) tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan pemerintah daerah dipulau Jawa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Slamet Khilmi, M.SI.
Uncontrolled Keywords: Belanja Modal, Pedapatan Asli Daerah, pertumbuhan Ekonomi dan Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 07 Jul 2022 10:19
Last Modified: 07 Jul 2022 10:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51724

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum