MANAJEMEN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA (SANTRI) DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZIL QUR’AN MUHAMMADIYAH IBNU JURAIMI YOGYAKARTA

Aquara Alfindo Suwandhita, NIM.: 16240008 (2022) MANAJEMEN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA (SANTRI) DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZIL QUR’AN MUHAMMADIYAH IBNU JURAIMI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA (SANTRI) DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZIL QUR’AN MUHAMMADIYAH IBNU JURAIMI YOGYAKARTA)
16240008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA (SANTRI) DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZIL QUR’AN MUHAMMADIYAH IBNU JURAIMI YOGYAKARTA)
16240008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pengembangan sumber daya manusia dalam hal ini adalah santri Pondok Pesantren Tahfidzil Qur’an Muhammadiyah Ibnu Juraimi Yogyakarta. Penelitian ini memberikan deskripsi mengenai langkah apa saja yang dilakukan dalam melakukan pengembangan sumber daya manusia di Pondok Pesantren Tahfidzil Qur’an Muhammadiyah Ibnu Juraimi Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam melakukan keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Dari penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa Pondok Pesantren Tahfidzil Qur’an Muhammadiyah Ibnu Juraimi Yogyakarta menerapakan fungsi manajemen, yaitu perencanaan (penetapan program dan standar), pengorganisasian (pengurus ditunjuk langsung oleh Badan Pembina Pondok Pesantren), pelaksanaan (sudah ada jadwal yang ditetapkan dalam kalender akademik), pengawasan (secara koordinasi dan langsung) dan evaluasi (rutinan harian dan bulanan). Pengembangan santri yang diterapkan berupa pendidikan dan pelatihan dan metode yang digunakan adalah metode on the job training (rotasi pekerjaan, penugasan yang direncanakan dan pembimbingan).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Siti Fatimah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: santri; pondok pesantren; manajemen sumber daya manusia; Pondok Pesantren Muhammadiyah Ibnu Juraimi
Subjects: Studi Agama Agama
Sumber Daya Manusia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 06 Jul 2022 10:26
Last Modified: 06 Jul 2022 10:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51736

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum