MANAJEMEN MANASIK HAJI PADA PROGRAM BIMBINGAN MANASIK HAJI SEPANJANG TAHUN OLEH KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2019-2020

Selamat Santoso, NIM.: 16240006 (2022) MANAJEMEN MANASIK HAJI PADA PROGRAM BIMBINGAN MANASIK HAJI SEPANJANG TAHUN OLEH KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2019-2020. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN MANASIK HAJI PADA PROGRAM BIMBINGAN MANASIK HAJI SEPANJANG TAHUN OLEH KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2019-2020)
16240006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN MANASIK HAJI PADA PROGRAM BIMBINGAN MANASIK HAJI SEPANJANG TAHUN OLEH KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2019-2020)
16240006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berangkat dari ketertarikan penyusun tentang Manajemen Manasik Haji Program Bimbingan Manasik Haji sepanjang tahun oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta. Bimbingan Manasik Haji yang diterapkan dalam peningkatan kualitas manasik. Latar belakang penelitian ini dari problem manasik haji pada sebelumnya, yang mana manasik hanya dilakukan sepuluh kali bimbingan dan belum maksimal, dikarenakan salah satunya terkait anggaran (biaya). Di sisi lain, pelaksanaan ibadah haji selama ini jemaah masih belum sepenuhnya mandiri. Baik dalam perjalanan, maupun ibadah, masih banyak bersandar kepada orang lain. Oleh karena itu Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta melaksanakan program “jum’at manasik” dalam rangka mewujudkan bimbingan manasik haji sepanjang tahun. Tujuan penelitian ini adalah bagaimana Manajemen Bimbingan manasik haji yang diterapkan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (filed research) dengan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan trianggulasi. Hasil penelitian yang didapat menunjukkan berdasarkan kajian program bimbingan manasik haji sepanjang tahun di Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta. Program bimbingan manasik haji sepanjang tahun ini terbentuk karena bimbingan manasik haji pada tahun – tahun sebelumnya belum optimal , karena durasi atau waktu bimbingan manasik yang relatif pendek, selain itu bimbingan terhambat oleh biaya kerena menunggu persetujuan oleh DPR. Manajemen manasik haji sepanjang tahun yang di terapkan oleh Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta. sudah maksimal. Bimbingan manasik haji sepanjang tahun ini sangat membantu jemah, sehingga jemaah lebih mengerti dan mengetahui tentang ilmu dan tatacara manasik haji.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Andy Dermawan, M. Ag
Uncontrolled Keywords: manasik haji; ibadah haji; Kanwil Kemenag D.I. Yogyakarta
Subjects: Manajemen Dakwah
Manajemen > Manajemen Haji
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 06 Jul 2022 10:42
Last Modified: 06 Jul 2022 10:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51737

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum