PERANAN RADEN ACHID SAMBAS DALAM PENUMPASAN PKI DI KECAMATAN PRAMBON KABUPATEN NGANJUK JAWA TIMUR TAHUN 1964-1966

Prima Danuwara, NIM.: 17101020011 (2022) PERANAN RADEN ACHID SAMBAS DALAM PENUMPASAN PKI DI KECAMATAN PRAMBON KABUPATEN NGANJUK JAWA TIMUR TAHUN 1964-1966. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERANAN RADEN ACHID SAMBAS DALAM PENUMPASAN PKI DI KECAMATAN PRAMBON KABUPATEN NGANJUK JAWA TIMUR TAHUN 1964-1966)
17101020011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERANAN RADEN ACHID SAMBAS DALAM PENUMPASAN PKI DI KECAMATAN PRAMBON KABUPATEN NGANJUK JAWA TIMUR TAHUN 1964-1966)
17101020011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Partai Komunis Indonesia merupakan partai yang memiliki afiliasi dengan paham komunisme. Perlawanan terhadap PKI terjadi dibeberapa daerah di Indoesia termasuk Kecamatan Prambon yang dipelopori oleh tokoh ulama-santri muda bernama Raden Achid Sambas. Keberanian Raden Achid Sambas dalam melawan didukung oleh ilmu beladiri yang ia miliki, serta dasar jihad karena umat Islam telah mendapatkan teror serta provokasi oleh PKI. Adapun fokus yang dibahas dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimana biografi Raden Achid Sambas? 2). Bagaimana gerakan PKI di Kecamatan Prambon, Kabupaten Nganjuk tahun 1964-1966? 3). Apa peranan Raden Achid Sambas dalam penumpasan PKI di Kecamatan Prambon, Kabupaten Nganjuk tahun 1964-1966?. Dalam penelitian ini, digunakan pendekatan sosiologi. Teori yang digunakan adalah teori peran yang dikemukakan oleh Soerjono Soekanto. Adapun metode penelitiannya yaitu metode sejarah yang terdiri dari empat tahapan, antara lain: heuristik (pengumpulan data), verifikasi (kritik data), interpretasi (penafsiran data) dan historiografi (penulisan sejarah). Metode pengumpulan data penulisan ini terdiri dari wawancara, studi dokumen, obeservasi serta menggunakan jenis penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, Raden Achid Sambas adalah tokoh ulama-santri berasal dari Cirebon yang mumpuni dalam ilmu agama dan ahli dalam ilmu beladiri atau silat. Kedua, gerakan-gerakan PKI di Kecamatan Prambon meliputi: perampasan tanah, provokasi dan teror serta kesenian ludruk. Ketiga, Raden Achid Sambas sebagai pelopor penumpasan PKI di Kecamatan Prambon memiliki andil sebagai berikut: melatih silat banser serta mendirikan tempat pengaduan dan perlindungan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Siti Maimunah, S. Ag. M. Hum
Uncontrolled Keywords: Jihad, Gerakan Komunisme, Raden Achid Sambas
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Sejarah Indonesia
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 06 Jul 2022 13:38
Last Modified: 06 Jul 2022 13:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51761

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum