PENANGANAN KEKERASAN SEKSUAL BERBASIS PERGURUAN TINGGI: STUDI KASUS DI PUSAT LAYANAN TERPADU UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Retno Prabaningrum, NIM.: 18102050033 (2022) PENANGANAN KEKERASAN SEKSUAL BERBASIS PERGURUAN TINGGI: STUDI KASUS DI PUSAT LAYANAN TERPADU UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENANGANAN KEKERASAN SEKSUAL BERBASIS PERGURUAN TINGGI: STUDI KASUS DI PUSAT LAYANAN TERPADU UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
18102050033_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENANGANAN KEKERASAN SEKSUAL BERBASIS PERGURUAN TINGGI: STUDI KASUS DI PUSAT LAYANAN TERPADU UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
18102050033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kekerasan seksual merupakan masalah yang masih terjadi di tengah-tengah masyarakat, termasuk dalam lingkungan kampus di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Fenomena ini terjadi akibat adanya relasi kuasa yang timpang antara pelaku dan korban. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya respon mengenai Surat Keputusan (SK) Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kementerian Agama (Kemenag) Nomor 5494 Tahun 2019 tentang Pedoman Pencegahan dan Penanggulangan Kekerasan Seksual pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI). SK tersebut kemudian diterapkan oleh UIN Sunan Kalijaga dengan mendirikan Pusat Layanan Terpadu (PLT) guna menyelesaikan permasalahan kekerasan seksual. Penelitian ini dilakukan pada Bulan Desember 2021 sampai April 2022 dengan tujuan mengetahui upaya yang dilakukan oleh PLT guna menanggulangi kasus tersebut di kampus. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa upaya yang dilakukan oleh PLT untuk menekan kasus kekerasan seksual adalah dengan melakukan sosialisasi pencegahan melalui seminar, pembekalan, dan kampanye media sosial. Penanganan kekerasan seksual di PLT diawali dengan pengaduan baik secara langsung maupun tidak langsung. Kemudian dilakukan verifikasi dan penanganan yang terdapat 4 (empat) layanan yakni; Layanan Kesehatan, Layanan Psikososial, Layanan Hukum, Layanan Keagamaan. Terdapat divisi di Pusat Layanan Terpadu dalam melaksanakan program kelembagaan yang terbagi menjadi 3 (tiga) bagian yaitu: Divisi Pencegahan Kekerasan, Divisi Penanganan Korban, dan Divisi Penindakan Pelaku. Kehadiran PLT di UIN Sunan Kalijaga telah memberi ruang bagi perempuan untuk bersuara dan mendapat hak-haknya secara utuh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Muh. Ulil Absor, P.hD.
Uncontrolled Keywords: kekerasn seksual; pelecehan seksual; PLT; pencabulan; KUHP
Subjects: Tindakan Kriminal, Kejahatan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 06 Jul 2022 14:59
Last Modified: 06 Jul 2022 14:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51770

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum