ANALISIS PERBANDINGAN QUALITY OF SERVICE PERFORMA APLIKASI VIDEO CONFERENCE PEMBELAJARAN ONLINE MENGGUNAKAN JARINGAN BERBASIS 4G DI DAERAH UIN SUNAN KALIJAGA

Muhjar Nias Dani, NIM.: 18106050021 (2022) ANALISIS PERBANDINGAN QUALITY OF SERVICE PERFORMA APLIKASI VIDEO CONFERENCE PEMBELAJARAN ONLINE MENGGUNAKAN JARINGAN BERBASIS 4G DI DAERAH UIN SUNAN KALIJAGA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PERBANDINGAN QUALITY OF SERVICE PERFORMA APLIKASI VIDEO CONFERENCE PEMBELAJARAN ONLINE MENGGUNAKAN JARINGAN BERBASIS 4G DI DAERAH UIN SUNAN KALIJAGA)
18106050021_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PERBANDINGAN QUALITY OF SERVICE PERFORMA APLIKASI VIDEO CONFERENCE PEMBELAJARAN ONLINE MENGGUNAKAN JARINGAN BERBASIS 4G DI DAERAH UIN SUNAN KALIJAGA)
18106050021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penerapan new normal di Indonesia yang berlaku selama masa pandemi mempengaruhi banyak aspek salah satunya adalah bidang pendidikan. Kegiatan belajar mengajar yang tadinya dilakukan secara tatap muka, karena adanya pandemi harus diganti secara daring. Pembelajaran ini umumnya dilakukan dengan menggunakan aplikasi video conferences karena dianggap lebih interaktif. Aplikasi ini sangat beragam mulai dari Google Meeting, Zoom meeting, Microsoft Team, dan sebagainya. UIN Sunan Kalijaga merupakan salah satu lembaga pendidikan yang diharuskan melakukan pembelajaran secara daring. Dengan beragamnya aplikasi video conferences perlu adanya suatu pengujian kualitas pelayanan untuk mengetahui performa aplikasi mana yang lebih baik digunakan khususnya di daerah UIN Sunan Kalijaga. Untuk menguji performa aplikasi zoom diperlukan pengukuran dengan metode Quality of Service(QoS) seperti throughput, packet loss, delay dan MOS. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis performa aplikasi video conferences pembelajaran online dengan menggunakan jaringan berbasis 4G di daerah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Pengukuran setiap parameter QOS akan dilakukan selama 10 menit pada setiap aplikasi saat menjalankan meeting online dengan bantuan tools wireshark dan axence netTools. Setelah pengukuran selanjutnya dilakukan perhitungan pada setiap parameter Quality of service dari masing-masing aplikasi video conference pembelajaran online. Kemudian akan dilakukan pengujian validitas terhadap hasil perhitungan data yang sudah di dapat dengan menggunakan analisis deskriptif. Kemudian setelah didapatkan hasil yang valid selanjutnya dilakukan analisis menurut standar TIPHON. Hasil akhir dari penelitian ini adalah perbandingan dari setiap parameter QOS dengan standar TIPHON untuk mengetahui performa aplikasi mana yang lebih baik. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, perbandingan setiap parameter Quality of Service yang sudah dilakukan Standarisasi TIPHON maka dapat disimpulkan bahwa Google Meeting merupakan aplikasi video conferences yang memiliki performansi terbaik dibandingkan dengan kedua aplikasi lainnya. Pada Google Meeting memiliki nilai rata-rata indeks sebesar 3 dimana berdasarkan Standarisasi TIPHON termasuk kedalam kategori Memuaskan, Sedangkan untuk Webex Meeting memiliki nilai rata-rata indeks sebesar 2,5 dimana berdasarkan Standarisasi termasuk kedalam kategori Kurang Memuaskan, dan untuk Zoom xiv Meeting memiliki nilai rata-rata indeks sebesar 2,75 dimana berdasarkan Standarisasi termasuk kedalam kategori Kurang Memuaskan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Mandahadi Kusuma, M.Eng
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran online, video conferences, quality of service, TIPHON
Subjects: Tehnik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 07 Jul 2022 15:01
Last Modified: 07 Jul 2022 15:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51774

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum