STRATEGI PENGELOLAAN WISATA RELIGI GUNUNGPRING DALAM MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT GUNUNGPRING TAHUN 2021

Rini Febri Wulandari, NIM.: 18102040020 (2022) STRATEGI PENGELOLAAN WISATA RELIGI GUNUNGPRING DALAM MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT GUNUNGPRING TAHUN 2021. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PENGELOLAAN WISATA RELIGI GUNUNGPRING DALAM MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT GUNUNGPRING TAHUN 2021)
18102040020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PENGELOLAAN WISATA RELIGI GUNUNGPRING DALAM MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT GUNUNGPRING TAHUN 2021)
18102040020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini berawal dari peran penting wisata religi dalam pembangunan dan perkembangan suatu daerah. Wisata religi Gunungpring yang terus eksis dalam perannya walaupun terkendala oleh adanya pandemi covid19. Adanya pariwisata religi Gunungpring sangat menguntungkan bagi masyarakat sekitar komplek wisata tersebut, seperti terciptanya lapangan pekerjaan. Keluarnya regulasi pemerintah yaitu PSBB dan PPKM sangat mempengaruhi segala aspek kehidupan termasuk sektor wisata. Wisata religi Gunungpring secara tidak langsung juga terkena imbas dari kebijakan pemerintah Indonesia tentang pemutusan rantai penyebaran virus corona covid19. Hal ini sangat mempengaruhi penghasilan pedagang. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif menggunakan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan wawancara bebas terpimpin, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teori yang digunakan adalah teori Handoko tentang pengelolaan, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pengelolaan Wisata Religi Gunungpring dalam meningkatkan ekonomi Masyarakat Gunungpring Tahun 2021. Hasil dari penelitian ini pertama, adanya kerjasama dengan pemerintah desa. Kedua, adanya kegiatan keagamaan. Ketiga, pembinaan SDM. Keempat, pengaturan arus transportasi pengunjung. Maka dengan adanya wisata religi Gunungpring memberi dampak bagi kehidupan masyarakat Gunungpring karena dapat terciptanya lapangan pekerjaan baru untuk warga disekitar komplek wisata. Member dampak pada penghasilan masyarakat sekitar. Walaupun pada masa pandemi covid19 pendapatan para pedagang mengalami penurunan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Mokhammad Nazili, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kyai Raden Santri; ziarah kubur; wisata religi; Gunungpring Kabupaten Magelang
Subjects: Ziarah Kubur
Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 07 Jul 2022 09:29
Last Modified: 07 Jul 2022 09:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51777

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum