MUHAMMAD ANWARI - NIM. 05450044, (2011) PENERAPAN METODE THE POWER OF TWO (KEKUATAN BERDUA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR KOLABORASI DAN MINAT SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN DI KELAS XI IPA MAN TEMPEL SLEMAN TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
|
Text (PENERAPAN METODE THE POWER OF TWO (KEKUATAN BERDUA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR KOLABORASI DAN MINAT SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN DI KELAS XI IPA MAN TEMPEL SLEMAN TAHUN AJARAN 2009/2010)
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
Text (PENERAPAN METODE THE POWER OF TWO (KEKUATAN BERDUA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR KOLABORASI DAN MINAT SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN DI KELAS XI IPA MAN TEMPEL SLEMAN TAHUN AJARAN 2009/2010)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (526kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan belajar kolaborasi dan minat belajar pada proses pembelajaran biologi dengan menggunakan Metode The Power Of Two (kekuatan berdua) di kelas XI IPA semester II MAN Tempel Sleman, D.I. Yogyakarta tahun ajaran 2009/2010. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan metode the power of two pada subyek penelitian dalam pembelajaran di kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA MAN Tempel Sleman Yogyakarta tahun ajaran 2009/2010. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi untuk menilai kemampuan belajar kolaborasi dan lembar angket untuk data minat belajar siswa. Analisis data untuk kemampuan belajar kolaborasi dan minat belajar siswa menggunakan analisis kualitatif deskriptif, data kuantitatif dengan menghitung persentase siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Metode the Power Of Two pada materi sistem pencernaan makanan dapat meningkatkan kemampuan balajar kolaborasi dan minat belajar siswa di MAN Tempel Sleman. Peningkatan kemampuan belajar kolaborasi siswa dapat dilihat dari meningkatnya jumlah siswa yang aktif pada siklus II, dan semakin baik nilai dari masing-masing aspek yang meliputi: berpendapat secara rasional, menerima pendapat dengan alasan yang benar, peduli terhadap kelompok, mengerjakan tugas dan membantu teman. Peningkatan minat belajar siswa ditunjukkan dengan adanya pengurangan dari jumlah siswa dengan minat kurang menjadi cukup dan pengurangan dari jumlah siswa dengan minat cukup menjadi minat tinggi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Drs. H. Suhardi, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Metode the Power of Two, kolaborasi, minat |
Subjects: | Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Edi Prasetya [edi_hoki] |
Date Deposited: | 21 Mar 2013 16:33 |
Last Modified: | 02 Mar 2016 10:02 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5178 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |