PERKEMBANGAN PESANTREN DI KECAMATAN PACIRAN KABUPATEN LAMONGAN: STUDI KOMPARATIF PESANTREN TARBIYATUT THALABAH, MAZROATUL ULUM, DAN SUNAN DRAJAT, 1970-2015 M.

Muhammad Farih Fanani, NIM.: 19201022005 (2022) PERKEMBANGAN PESANTREN DI KECAMATAN PACIRAN KABUPATEN LAMONGAN: STUDI KOMPARATIF PESANTREN TARBIYATUT THALABAH, MAZROATUL ULUM, DAN SUNAN DRAJAT, 1970-2015 M. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERKEMBANGAN PESANTREN DI KECAMATAN PACIRAN KABUPATEN LAMONGAN: STUDI KOMPARATIF PESANTREN TARBIYATUT THALABAH, MAZROATUL ULUM, DAN SUNAN DRAJAT, 1970-2015 M.)
19201022005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERKEMBANGAN PESANTREN DI KECAMATAN PACIRAN KABUPATEN LAMONGAN: STUDI KOMPARATIF PESANTREN TARBIYATUT THALABAH, MAZROATUL ULUM, DAN SUNAN DRAJAT, 1970-2015 M.)
19201022005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan pesantren di Paciran merupakan proses sejarah yang dinamis. Tarbiyatut Thalabah, Mazroatul Ulum, dan Sunan Drajat merupakan tiga pesantren terbesar di Paciran. Ketiga pesantren tersebut mengalami perkembangan dan memiliki keunggulan masing-masing. Meskipun memiliki corak yang sama sebagai sebuah sistem pendidikan tradisional, Pondok Pesantren Tarbiyatut Thalabah, Mazroatul Ulum, dan Sunan Drajat memiliki tipologi yang berbeda-beda. Fokus penelitian ini adalah mengkomparasikan perkembangan tiga pesantren besar di Paciran, yaitu Tarbiyatut Thalabah, Mazroatul Ulum, dan Sunan Drajat. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan sosiologi. Konsep yang digunakan adalah konsep perkembangan. Adapun teori yang digunakan adalah teori evolusi sosial dan dinamika sosial. Teori tersebut berguna untuk menganalisis pola perkembangan pesantren yang ada di Paciran secara dinamis dan tidak statis. Penelitian ini menggunakan empat langkah dalam metode penelitian sejarah, yaitu pengumpulan data (heuristik), kritik sumber (verifikasi), penafsiran (interpretasi), dan penulisan sejarah (historiografi). Hasil penelitian ini adalah bahwa tiga pesantren di Paciran memiliki karakter atau tipe yang berbeda-beda. Tarbiyatut Thalabah merupakan pesantren tertua yang masih beraliran salafiyah, Mazroatul Ulum adalah pesantren yang memilih untuk memodernisasi sistem pendidikan di madrasah dan pesantrennya, dan Sunan Drajat adalah pesantren modern sekaligus masih menerapkan sistem pendidikan salafiyah. Pesantren di Paciran mengalami perkembangan disebabkan tiga faktor sebagai berikut: pertama modernisasi pendidikan; kedua, sumbangsih dari masyarakat; ketiga hubungan antar kiai dan pesantren yang kuat.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Imam Muhsin, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Sistem Pendidikan Pesantren, Pesantren Mazroatul Ulum, Pesantren Sunan Drajat, Ekonomi dan Prestasi Pesantren
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Peradaban Islam/SPI (S2)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 07 Jul 2022 10:01
Last Modified: 07 Jul 2022 10:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51793

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum