PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, KEBIJAKAN DIVIDEN DAN KEBIJAKAN HUTANG TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2016-2020

Siva Fitrian Rizky, NIM.: 18108040036 (2022) PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, KEBIJAKAN DIVIDEN DAN KEBIJAKAN HUTANG TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2016-2020. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, KEBIJAKAN DIVIDEN DAN KEBIJAKAN HUTANG TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2016-2020)
18108040036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, KEBIJAKAN DIVIDEN DAN KEBIJAKAN HUTANG TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2016-2020)
18108040036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Perusahaan antar industri saat ini saling menciptakan persaingan pada perekonomian. Situasi ini membuat masyarakat sadar akan pentingnya berinvestasi saham. Namun pada dasarnya, harga saham selalu mengalami perubahan kenaikan dan penurunan dari satu waktu ke waktu yang lain. Oleh karena itu, para investor harus memastikan kinerja keuangan dengan menganalisis rasio keuangan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana profitabilitas, likuiditas, kebijakan dividen dan kebijakan utang berpengaruh terhadap harga saham. Rasio profitabilitas yang diproksikan dengan Return on Equity (ROE), rasio likuiditas yang diproksikan dengan Current Ratio (CR) serta kebijakan dividen yang diukur menggunakan proksi Dividend Payout Ratio (DPR) dan kebijakan utang yang diukur menggunakan proksi Long Term Debt to Equity Ratio (LTDER). Sedangkan, variabel dependen penelitian ini, yaitu harga saham diproksi dengan Closing Price. Penelitian kuantitatif ini menggunakan data sekunder berupa 25 laporan keuangan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2016-2020. Pengujian yang digunakan dalam penalitian ini menggunakan software E-Views versi 12 dengan teknik analisis data menggunakan regresi data panel. Penelitian ini menemukan bahwa profitabilitas dan likuiditas memiliki pengaruh positif terhadap harga saham. Namun, kebijakan dividen dan kebijakan hutang tidak berpengaruh pada harga saham. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa profitabilitas, kebijakan dividen dan kebijakan hutang belum bisa digunakan sebagai faktor pertimbangan yang dapat memengaruhi harga saham.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Rosyid Nur Anggara Putra. S.Pd., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Harga Saham; Profitabilitas; Likuiditas; Kebijakan Dividen; Kebijakan Utang
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syari'ah (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 07 Jul 2022 14:31
Last Modified: 07 Jul 2022 14:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51806

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum