MAKNA KOMUNIKASI POLITIK PARTAI KEADILAN SEJAHTERA (PKS) DALAM FILM 8 STORIES (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce)

Alfiyatun Najibah, NIM.: 15210060 (2022) MAKNA KOMUNIKASI POLITIK PARTAI KEADILAN SEJAHTERA (PKS) DALAM FILM 8 STORIES (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MAKNA KOMUNIKASI POLITIK PARTAI KEADILAN SEJAHTERA (PKS) DALAM FILM 8 STORIES (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce))
15210060_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (MAKNA KOMUNIKASI POLITIK PARTAI KEADILAN SEJAHTERA (PKS) DALAM FILM 8 STORIES (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce))
15210060_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Film merupakan salah satu alat kampanye. Partai Keadilan Sejahtera (PKS) merilis film berjudul 8 Stories untuk meningkatkan kesadaran remaja sebagai pemilih pemula untuk ikut memberikan suara. Film ini rilis sembilan hari sebelum Pemilu 2019 dilaksanakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna komunikasi politik PKS dalam Film 8 Stories. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode analisis semiotika model Charles Sanders Peirce dan dikuatkan dengan metode komunikasi politik menurut Ardial. Objek penelitian ini adalah scene-scene yang menunjukkan komunikasi politik dalam Film 8 Stories. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Film 8 Stories memuat komunikasi politik yang digunakan sebagai alat kampanye menjelang Pemilu 2019. Hal ini ditampilkan melalui adanya informasi mengenai nomor urut PKS dalam Pemilu 2019, yakni nomor 8; informasi mengenai asas PKS yang merupakan partai berasaskan Islam; dan fungsi partai politik sebagai pengatur konflik. Komunikasi politik yang ditampilkan dalam Film 8 Stories dilakukan dengan metode informatif, persuasif, dan edukatif, yakni melalui kemunculan tokoh PKS dan konsen PKS terhadap permasalahan anak muda. Tokoh PKS yang ditampilkan dalam film ini adalah tokoh yang memiliki jabatan strategis di pemerintahan mau pun jabatan internal, seperti Hidayat Nur Wahid, Sohibul Iman, Dedi Supriadi, Mabruri, dan Izzah Ajrina yang merupakan Calon Legislatif Muda untuk PKS di DPRD Surabaya. Adapun konsen PKS terhadap permasalahan anak xiii muda ditampilkan melalui edukasi terhadap masalah body shaming, kenakalan remaja, ketidakpedulian dan apatisme politik anak muda, pornografi, dan bahaya merokok di kalangan pelajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Muhamad Lutfi Habibi, M.A.
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Politik, Pemilu 2019, Film, Kampanye, Partai Politik.
Subjects: Penyiaran Islam
Partai Politik
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 07 Jul 2022 14:56
Last Modified: 07 Jul 2022 14:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51809

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum