PERAN KETERWAKILAN PEREMPUAN ANGGOTA BPD DALAM PERANCANGAN PERATURAN DESA DI DESA WATUAGUNG KECAMATAN WATULIMO KABUPATEN TRENGGALEK PERSPEKTIF MASLAHAH MURSALAH

Tuzam Merkhuzi Anggra Ditiya, NIM.: 18103070037 (2022) PERAN KETERWAKILAN PEREMPUAN ANGGOTA BPD DALAM PERANCANGAN PERATURAN DESA DI DESA WATUAGUNG KECAMATAN WATULIMO KABUPATEN TRENGGALEK PERSPEKTIF MASLAHAH MURSALAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN KETERWAKILAN PEREMPUAN ANGGOTA BPD DALAM PERANCANGAN PERATURAN DESA DI DESA WATUAGUNG KECAMATAN WATULIMO KABUPATEN TRENGGALEK PERSPEKTIF MASLAHAH MURSALAH)
18103070037_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERAN KETERWAKILAN PEREMPUAN ANGGOTA BPD DALAM PERANCANGAN PERATURAN DESA DI DESA WATUAGUNG KECAMATAN WATULIMO KABUPATEN TRENGGALEK PERSPEKTIF MASLAHAH MURSALAH)
18103070037_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini merupakan penelitian lapangan yang berjudul “Peran Keterwakilan Perempuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Dalam Perancangan Peraturan Desa Di Desa Watuagung Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek Perspektif Maslahah Mursalah”. Skripsi ini ditulis untuk menjawab pertanyaan dalam rumusan masalah yaitu: Bagaimana dampak keterwakilan perempuan di keanggotaan BPD dalam perancangan Peraturan Desa di Desa Watuagung Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek dan Bagaimana peran keterwakilan perempuan di keanggotaan BPD dalam perancangan Peraturan Desa di Desa Watuagung Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek perspektif Maslahah Mursalah. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan sifat penelitian deskriptif analisis. Analisis data menggunakan metode induktif sehingga penulis melakukan suatu metode penelitian lapangan,mencatat, mempelajari, menganalisis, menafsirkan data-data yang dikumpulkan seperti data-data desa yang dapat dijadikan sebagai data pokok yang kemudian akan ditarik kesimpulan dari proses-proses data tersebut. Hasil penelitian yang diperoleh tentang Peran Keterwakilan Perempuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Dalam Perancangan Peraturan Desa Di Desa Watuagung Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek Perspektif Maslahah Mursalah bahwa keterwakilan perempuan di BPD masih bersifat formalitas keanggotaan saja. Kegiatan pemberdayaan perempuan yang pasif dan belum adanya Peraturan Desa tentang perempuan menunjukkan bahwa kedudukan keterwakilan perempuan di BPD Desa Watuagung masih lemah dan belum secara maksimal bisa mewujudkan perempuan yang lebih berdaya dan sejahtera. Kesetaraan gender yang belum teroptimalkan dengan baik dan masih terjadi relasi kuasa terhadap suara perempuan. Namun disisi lain Peraturan Desa yang telah dibentuk mampu mewujudkan kesejahteraan masyarakat Desa Watuagung dan hal ini sudah sejalan dengan cita-cita Maslahah Mursalah untuk mendatangkan manfaat dan menghilangkan mudharat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. M. Rizal Qosim, M.Si
Uncontrolled Keywords: Keterwakilan Perempuan Dalam BPD,Gender, Maslahah Mursalah
Subjects: Hukum Tata Negara
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (S-1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 07 Jul 2022 14:59
Last Modified: 07 Jul 2022 14:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51812

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum