TINJAUAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI DENGAN SISTEM PENGURANGAN TIMBANGAN (STUDI PADA PEDAGANG PASAR ARJOSARI KABUPATEN PACITAN)

Lailatul Nikmah, NIM.: 18103080076 (2022) TINJAUAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI DENGAN SISTEM PENGURANGAN TIMBANGAN (STUDI PADA PEDAGANG PASAR ARJOSARI KABUPATEN PACITAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI DENGAN SISTEM PENGURANGAN TIMBANGAN (STUDI PADA PEDAGANG PASAR ARJOSARI KABUPATEN PACITAN))
18103080076_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI DENGAN SISTEM PENGURANGAN TIMBANGAN (STUDI PADA PEDAGANG PASAR ARJOSARI KABUPATEN PACITAN))
18103080076_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Jual beli merupakan perjanjian tukar menukar benda atau barang yang memiliki nilai, secara sukarela di antara kedua belah pihak sesuai dengan perjanjian yang berlaku. Kepercayaan dan kejujuran merupakan modal dasar dalam transaksi jual beli. Untuk membangun kepercayaan tersebut seorang pedagang harus mampu berbuat jujur dan adil, baik terhadap dirinya maupun orang lain. Salah satu bukti kejujuran dan keadilan dalam jual beli yaitu adanya nilai timbangan dan ukuran yang tepat. Mengurangi timbangan pada dasarnya merupakan bentuk jual beli yang dilarang dalam Islam. Bahkan Islam telah mengatur secara rinci tentang aturan jual beli agar terhindar dari perbuatan yang dapat merugikan orang lain. Namun dalam realita kehidupan sehari-hari masih banyak para pedagang yang masih mengurangi timbangannya padahal dalam Islam sudah jelas tidak diperbolehkan. Berangkat dari fenomena tersebut, penulis tertarik untuk mengkaji lebih dalam mengenai bagaimana tinjauan sosiologi hukum Islam terhadap jual beli dengan sistem pengurangan timbangan yang terjadi di Pasar Arjosari Kabupaten Pacitan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) yang dilakukan di Pasar Arjosari Kabupaten Pacitan. Untuk mendapatkan data yang valid, penulis menggunakan beberapa metode pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer hasil dari wawancara dengan pedagang. Sementara data sekunder berupa dokumen-dokumen, buku, catatan dan sebagainya. Setelah data terkumpul maka penulis menganalisis dengan menggunakan metode deskriptif analistis. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa jual beli di pasar Arjosari Kabupaten ini dalam penjualannya terdapat pengurangan timbangan yang dilakukan oleh pedagang. Pengurangan tersebut sudah menjadi kebiasaan bagi para pedagang karena tujuan mereka dalam berdagang adalah mencari keuntungan. Mereka melakukannya dengan cara menembak berat pokok tanpa menunggu jarum timbangan berada di titik seimbang, menempelkan magnet atau benang agar timbangan menjadi berat. Jika dilihat dari segi hukum Islam sangatlah dilarang karena terdapat kecurangan yang bisa menyebabkan kerugian. Menurut tinjauan sosiologi hukum Islam terdapat beberapa faktor yang melatarbelakangi sistem pengurangan timbangan tersebut yaitu: faktor ekonomi, faktor agama, faktor pendidikan, dan faktor kebiasaan. Jual beli tersebut terdapat ‘urf (kebiasaan), kebiasaan jual beli dengan sistem pengurangan timbangan ini termasuk ‘urf fāsid (rusak), karena termasuk kebiasaan yang merugikan dan menarik kemafsadahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Abdul Mughist, S.Ag.
Uncontrolled Keywords: Sosiologi Hukum Islam, ‘Urf, Pengurangan timbangan
Subjects: Ekonomi Syariah
Hukum Islam > Jual Beli dalam Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syari'ah (S-1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 07 Jul 2022 15:00
Last Modified: 07 Jul 2022 15:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51814

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum