IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 1 TANJUNG PANDAN

Sri Devi Monica, NIM.: 20204011009 (2022) IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 1 TANJUNG PANDAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 1 TANJUNG PANDAN)
20204011009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (784kB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 1 TANJUNG PANDAN)
20204011009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, rumusan masalah: (1) bagaimana implementasi penilaian autentik kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan kurikulum 2013 pada mata pelajaran pendidikan agama isalam dan budi pekerti di SMP Negeri 1 Tanjung Pandan ?; (2) apa implikasi penilaian autentik terhadap pengetahuan, sikap dan keterampilan siswa di SMP Negeri 1 Tanjung Pandan ?; (3) apa sajakah yang menjadi penghambat dan pendukung implementasi penilaian autentik kurikulum 2013 pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti kurikulum 2013 di SMP Negeri 1 Tanjung Pandan ?. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validasi data dilakukan dengan teknik triangulasi dimana hasil observasi, wawancara dan dokumentasi digabungkan dan di deskripsikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) implementasi penilaian autentik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Tanjung pandan. Dilaksanakan sejak awal diberlakukan kurikulum 2013, baik penilaian pengetahuan, sikap, dan keterampilan; (2) Implikasi penilaian autentik di SMP Negeri 1 Tanjung Pandan, menumbuhkan dampak positif seperti: meningkatkan partisifasi aktif siswa, mampu mengembangkan motivasi, minat, rasa ingin tahu, inisiatif, kemandirian, keterampilan belajar dan semangat belajar; (3) Hal yang menjadi penghambat pelaksanaan penilaian autentik di SMP Negeri 1 Tanjung Pandan, diantaranya; (a) banyaknya tugas yang diberikan guru, mengakibatkan siswa terlambat dalam mengumpulkan tugas; (b) jumlah siswa yang banyak sehingga dibutuhkannya waktu yang banyak untuk penilaian autentik yang sesungguhnya; (c) pemberian nilai siswa masih dalam bentuk pengolaan angka; d) penilaian autentik menjadikan guru harus mengolah waktu karena banyaknya jenis penilaian. Adapun hal yang menjadi pendukung pelaksanaan penilaian autentik kurikulum 2013 di SMP Negeri 1 Tanjung Pandan, diantaranya: (a) kemahiran guru dalam mengajar dan mengimplementasikan kurikulum 2013, sehingga berjalan dengan lancar; (b) siswa yang ada disekolah termasuk siswa pilihan, sehingga mudah dalam pelaksanaan; (c) sarana dan prasarana yang memadai.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Karwadi, S.Ag, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Penilaian autentik, Kurikulum 2013
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 07 Jul 2022 15:08
Last Modified: 07 Jul 2022 15:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51820

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum