PERAN YAYASAN ANISA SWASTI (YASANTI) TERHADAP PEREMPUAN PEKERJA RUMAHAN MELALUI FEDERASI SERIKAT PEREMPUAN PEKERJA RUMAHAN BANTUL (FSPPRB)

Siti Mutaba’ah, NIM.: 15250095 (2019) PERAN YAYASAN ANISA SWASTI (YASANTI) TERHADAP PEREMPUAN PEKERJA RUMAHAN MELALUI FEDERASI SERIKAT PEREMPUAN PEKERJA RUMAHAN BANTUL (FSPPRB). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN YAYASAN ANISA SWASTI (YASANTI) TERHADAP PEREMPUAN PEKERJA RUMAHAN MELALUI FEDERASI SERIKAT PEREMPUAN PEKERJA RUMAHAN BANTUL (FSPPRB))
15250095_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERAN YAYASAN ANISA SWASTI (YASANTI) TERHADAP PEREMPUAN PEKERJA RUMAHAN MELALUI FEDERASI SERIKAT PEREMPUAN PEKERJA RUMAHAN BANTUL (FSPPRB))
15250095_BAB-II_III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran Yasanti terhadap perempuan pekerja rumahan melalui Federasi Serikat Perempuan Pekerja Rumahan Bantul (FSPPRB). Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun dalam teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisa data menggunakan langkah reduksi data dengan tujuan untuk menyederhanakan dan mengkategorisasi data, menyajikan data dalam bentuk diskripsi narasi, dan menarik kesimpulan. Peneliti menggunakan teori peran yaitu suatu tindakan atau aktivitas yang diharapkan oleh masyarakat atau pihak dan dapat dirasakan pengaruhnya dalam lingkungan kehidupan. Sementara aspek-aspek peran meliputi peran sebagai suatu kebijakan, peran sebagai strategi, peran sebagai alat komunikasi, peran sebagai penyelesaian sengketa dan peran sebagai terapi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Yasanti melakukan peran kebijakan sesuai dengan kebijakan lembaga Yasanti dengan mitra MAMPU untuk pendampingan perempuan pekerja rumahan. 2) Peran strategi dalam advokasi, akses jaminan ketenagakerjaan dan peningkatan ekonomi. 3) Peran komunikasi untuk audiensi kenaikan upah, pemerian tunjangan hari raya, akses dana desa dan pelatihan kemandirian usaha perempuan. 4) Peran sebagai penyelesaian sengketa dalam penanganan masalah hukum pada perempuan pekerja rumahan. 5) Peran sebagai terapi dalam meningkatkan kepercayaan diri perempuan pekerja rumahan dan diakui dalam masyarakat dengan pelibatan seiap agenda dusun dan desa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Asep Jahidin, S.Ag, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Perempuan, Pekerja Rumahan, Serikat Perempuan Pekerja,
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Gender
Organisasi Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 07 Jul 2022 15:36
Last Modified: 07 Jul 2022 15:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51825

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum