KEBIJAKAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA DALAM MENANGGULANGI PANDEMI COVID-19 MELALUI VAKSINASI PERSPEKTIF MAQASHID SYARIAH

Aidatun Nisrina Nurul Firdaus, NIM.: 17103070053 (2022) KEBIJAKAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA DALAM MENANGGULANGI PANDEMI COVID-19 MELALUI VAKSINASI PERSPEKTIF MAQASHID SYARIAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEBIJAKAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA DALAM MENANGGULANGI PANDEMI COVID-19 MELALUI VAKSINASI PERSPEKTIF MAQASHID SYARIAH)
17103070053_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KEBIJAKAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA DALAM MENANGGULANGI PANDEMI COVID-19 MELALUI VAKSINASI PERSPEKTIF MAQASHID SYARIAH)
17103070053_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pada tanggal 11 Maret 2020, World Health Organization menyatakan Virus Corona sebagai pandemi dunia. Indonesia menyatakan Covid-19 merupakan penyakit yang mengakibatkan kedaruratan pada masyarakat dan dianggap sebagai bencana non alam yang menyebabkan kematian dan kerugian ekonomi. Indonesia melaporkan kasus pertamanya di awal Maret 2020. Pemerintah indonesia menetapkan regulasi mengenai penanggulangan pandemi Covid-19. Hal hal yang dilakukan pemerinath dalam mencegah penyebaran lebih luas adalah dengan melakukan PSBB (pembatasan sosial berskala besar), melakukan 3T (Testing, Tracking, Treatment), dan penerapan vaksinasi bagi seluruh masyarkat indonesia. Pada penulisan skripsi ini, penulis menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research). Penelitian in bersifat deskriptif-analisis, yaitu sistem yang memberikan gmabaran suatu hasil dari analisa data-data yang telah dikumpulkan. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan yuridis normatif, yaitu pendekatan yang dilakukan dengan melihat peraturan perundang-undangan. Hasil penelitian ini menggunakan teori kebijakan publik dan perspektif maqashid syariah, pemerintah dalam menanggulangi bencana Covid-19 dengan mengeluarkan regulasi atau kebijakan publik berupa peraturan presiden, keputusan presiden dan sebagainya mengenai vaksinasi yang dimulai dari adanya keadaan darurat yang terjadi di Indonesia dengan sudut pandang maqashid syariah sebagai prinsip yang melindungi jiwa (hifdzu nafs) demi kemaslahatan umat manusia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Ahmad Yani Anshori, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kebijakan Pemerintah, Vaksinasi, Maqashid Syariah, Hifdzu An-Nafs.
Subjects: Hukum Tata Negara
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (S-1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 11 Jul 2022 14:46
Last Modified: 11 Jul 2022 14:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51849

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum